Pengertian Perencanaan Lokasi Produksi

Advertisement
Pengertian perencanaan lokasi produksi - Dalam perencanaan fasilitas produksi dibedakan menjadi 2 yaitu perencanaan lokasi produksi dan perencanaan tata letak pabrik. Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu perencanaan lokasi produksi. Tahukah kamu apa yg dimaksud perencanaan lokasi produksi? Seperti apa perencanaan lokasi produksi itu? Mungkin di antara kamu ada yang sudah mengetahuinya, namun bagi yang belum mengetahuinya bisa menyimak apa yang akan kami jelaskan di sini. Selain menjelaskan tentang pengertian perencanaan lokasi produksi di sini juga akan jelaskan tentang tujuan perencanaan lokasi dan produksi bagi perusahaan, beberapa faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi produksi dan tahapan perencanaan lokasi produksi.
Pengertian Perencanaan Lokasi Produksi

Pengertian Perencanaan Lokasi Produksi

Perencanaan lokasi produksi adalah untuk menentukan tempat pabrik sebaik mungkin agar dapat berproduksi dengan lancar, dengan biaya operasi yang murah dan memungkinkan perluasan di masa depan. Perencanaan lokasi produksi merupakan sebuah investasi besar yang dilakukan oleh perusahaan. Karena itulah pada saat perusahaan sedang merencanakan lokasi , dibutuhkan perencanaan jangka panjang untuk mengantisipasi kebutuhan perusahaan yang bisa saja muncul di masa mendatang, yang antara lain yaitu rencana dan kebijakan ekspansi perusahaan, penambahan sumber bahan mentah serta perubahan lingkungan pasar.

Tujuan Perencanaan Lokasi dan Produksi Bagi Perusahaan

Tujuan perencanaan lokasi produksi yaitu untuk menentukan di mana lokasi sebuah perusahaan atau tempat usaha yang sebaik mungkin supaya bisa beroperasi atau menjalankan proses produksi secara lancar, dengan biaya operasional yang rendah, kemampuan bersaing perusahaan yang baik, dapat memungkinkan perluasan di masa mendatang dan dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Faktor Yang Mempengaruhi Penentuan Lokasi Produksi

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi produksi. Di bawah ini adalah faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi pabrik, dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
  • Mudah dijangkau oleh konsumen.
  • Dekat dengan bahan baku.
  • Ketersediaan tenaga kerja.
  • Ketersediaan tenaga listrik.
  • Ketersediaan air.
  • Ketersediaan alat transportasi.
  • Memungkinkan perluasan masa depan.

Tahapan Perencanaan Lokasi Produksi

Tahapan perencanaan lokasi produksi secara umum akan kami jelaskan sebagai berikut ini:
  1. Melihat kemungkinan daerah-daerah mana saja yang bisa ditentukan sebagai daerah alternatif yang akan di jadikan sebagai lokasi produksi.
  2. Melihat pengalaman orang lain ataupun pengalaman kita sendiri dalam menentukan lokasi produksi.
  3. Mempertimbangkan serta menilai masyarakat-masyarakat yang ada di daerah-daerah yang pada tahap ke dua telah dipilih sebagai lokasi produksi sebab dianggap lokasi yang paling menguntungkan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian perencanaan lokasi produksi. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru