Pengertian Perencanaan Sistem Produksi

Advertisement
Pengertian perencanaan sistem produksi - Dalam bidang produksi terdapat istilah yang namanya perencanaan sistem produksi. Tahukah kamu apa itu perencanaan sistem produksi? Bagi kamu tentunya ada yang sudah tahu namun ada juga yang belum tahu. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan perencanaan sistem produksi. Dengan pembahasan yang kami tulis ini kami berharap kamu yang belum tahu bisa tahu tentang apa yang dimaksud perencanaan sitem produksi. Selain membahas definisi perencanaan sistem produksi. Di sini juga akan kami jelaskan tentang tahapan perencanaan sistem produksi dan juga tujuan perencanaan sistem produksi.
Pengertian Perencanaan Sistem Produksi

Pengertian Perencanaan Sistem Produksi

Perencanaan sistem produksi yaitu perencanaan sebuah produk yang nantinya akan diproduksi, merancang produk merupakan sebuah syarat untuk produksi. Selanjutnya hasil desain produk yang telah sudah disetujui akan teruskan ke bagian operasi untuk dijadikan sebagai spesifikasi produk. Desain produk termasuk hal yang begitu penting dalam menjaga kelangsungan hidup sebuah perusahaan.

Perencanaan sistem produksi meliputi perencanaan lokasi pabrik, infrastruktur pabrik, sarana dan fasilitas produksi, lingkungan kerja, penentuan jenis barang yang diproduksi, jumlah barang yang akan diproduksi, desain produksi, bahan baku yang dibutuhkan, dan cara pengolahan.

Tahapan Perencanaan Sistem Produksi

Jelaskan tahap kegiatan perencanaan sistem produksi? Berikut ini adalah tahap kegiatan perencanaan sistem produksi:
  • Perencanaan jangka panjang: dalam kegiatan ini yaitu meliputi peramalan usaha, perencanaan jumlah produk dan penjualan, perencanaan produksi perencanaan kebutuhan bahan baku, dan juga perencanaan financial.
  • Perencanaan jangka menengah: dalam kegiatan ini yaitu meliputi perencanaan kapasitas, perencanaan kebutuhan material, jadwal induk produksi dan perencanaan kebutuhan untuk distribusi.
  • Perencanaan jangka pendek: dalam kegiatan ini yaitu meliputi penjadwalan perakitan produk akhir, perencanaan dan pengendalian input-output, pengendalian kegiatan produksi, perencanaan serta pengendalian purchase, dan juga manajemen proyek.

Tujuan Perencanaan Sistem Produksi

tiga tujuan perencanaan proses produksi adalah sebagai berikut ini:
  • Mengatur strategi produksi atau memproduksi sesuai demand.
  • Memproduksi pada tingkat konstan.
  • Menentukan kebutuhan sumber daya yang meliputi: tenaga kerja, peralatan, material, fasilitas dan dana.

Demikain informasi yang dapat kami bagikan tentang apa pengertian perencanaan sistem produksi. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru