Pengertian Manajemen Produksi

Advertisement
Pengertian manajemen produksi - Dalam sebuah produksi perlu adanya manajemen produksi agar produksi memperoleh hasil yang baik. Apa itu manajemen produksi? Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud manajemen produksi? Bagi kamu yang belum tahu apakah manajemen produksi itu? Di sini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan manajemen produksi, agar nantinya kamu tahu seperti apa arti manajemen produksi. Di sini selain memjelaskan definisi manajemen produksi juga kami jelaskan tentang fungsi manajemen produksi dan aspek aspek manajemen produksi. Silahkan simak penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
Pengertian Manajemen Produksi

Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah suatu proses secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan. Manajemen produksi merupakan kegiatan manajemen yang berhubungan dengan pembuatan barang dan jasa.

Atau pengertian manajemen produksi yaitu salah satu bagian dari bidang manajemen yang memiliki peranan dalam mengkoordinasikan berbagai macam kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan tersebut, perlu dibuatkan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan supaya barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Fungsi Manajemen Produksi

Fungsi manajemen produksi antara lain:
  • Sebagai perencanaan, artinya penentuan peranan dari kegiatan produksi termasuk perencanaan produk, perencanaan fasilitas, dan perencanaan penggunaan sumber daya produksi.
  • Sebagai pengorganisasian, artinya penentuan struktur organisasi dan kebutuhan sumber daya yang diperlukan di bagian produksi untuk mencapai tujuan operasi serta mengatur wewenang dan tanggung jawab yang diperlukan dalam pelaksanaannya.
  • Sebagai penggerakan, artinya kegiatan motivasi karyawan bagian produksi untuk melaksanakan tugasnya.
  • Sebagai kontrol, artinya kegiatan mengembangkan standar kualitas, standar waktu kerja, dan standar hasil kerja pada bagian produksi.

Aspek Aspek Manajemen Produksi

Terdapat beberapa aspek-aspek manajemen produksi meliputi hal-hal berikut ini:
  • Perencanaan produksi: tujuannya supaya dilakukannya persiapan yang sistemtis bagi produksi yang akan dilakukan. Dalam perencanaan produksi keputusan yang harus dihadapi yaitu: jenis barang yang diproduksi, kualitas barang, jumlah barang, bahan baku dan pengendalian produksi.
  • Pengendalian produksi: tujuannya supaya mencapai hasil yang maksimal demi biaya yang seoptimal mungkin. Kegiatan pengendalian produksi yang dilakukan diantaranya yaitu: Menyusun perencanaan, membuat penjadwalan kerja, dan menentukan kepada siapa barang tersebut akan dipasarkan.
  • Pengawasan produksi: tujuannya supaya pelaksanaan kegiatan bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kegiatan pengawasan produksi yaitu meliputi: menetapkan kualitas, menetapkan standar barang dan pelaksanaan produksi yang tepat waktu.

Demikianlah apa yang dapat kami jelaskan tentang Pengertian Manajemen produksi. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru