Pengertian Seleksi Administrasi

Advertisement
Pengertian seleksi administrasi – Bagi jobseeker seleksi administrasi merupakan pintu awal untuk memperoleh pekerjaan impiannya. Tahukah kamu apa itu seleksi administrasi? Bisakah kamu men jelaskan pengertian seleksi administrasi? Bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan seleksi administrasi, tentunya akan kesulitan jika di suruh menjelaskan arti dari seleksi administrasi. Untuk itulah dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan seleksi administrasi itu seperti apa, agar nantinya kamu bisa menjelaskan seperti apa arti seleksi administrasi itu. Silahkan simak inilah penjelasan dari kami tentang definisi seleksi administrasi dan juga tips lolos seleksi administrasi.
Pengertian Seleksi Administrasi

Pengertian Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi yaitu seleksi surat-surat yang dimiliki pelamar untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan, antara lain: surat lamaran, ijazah, umur, status, pengalaman kerja, domisili, sertifikat keahlian, pas foto, fotokopi identitas, surat kesehatan dari dokter, dan akte kelahiran.

Tips Lolos Seleksi Administrasi

Tips lolos seleksi administrasi kerja yaitu sebagai berikut ini:

1. Lengkap, terbaru dan asli.
Kamu harus memperhatikan persyaratan administrasi yang memang diajukan perusahaan dengan betul, karena hal seprti ini sangatlah penting untuk kamu lakukan. Tidak hanya harus dilengkapi, namun data-data yang kamu lampirkan haruslah data yang terbaru yang masih berlaku serta kebenaran dan keasliannya dapat dipertanggung jawabkan, seperti surat keterangan dokter, SKCK dan lain-lain.

2. Informatif dan tidak membuat perusahaan jadi malas membacanya.
Ketika kamu menuliskan CV, kamu haruslah menulisnya ddengan jelas, menarik untuk dibaca, informatif dan lengkap sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu tuju. Di dalam CV adanya pemberian warna tidaklah menjadu sebuah masalah besar, tetapi tetap harus ada dalam keadaan formal. Tetapi sebaiknya kamu lebih menonjolkan terhadap kejelasan dari poin-poin yang kamu paparkan.

3. Susunlah dengan rapi sesuai dengan urutannya.
Seorang pelamar kerja haruslah bisa menyusun berkas yang akan dikumpulkannya dalam keadaan rapi. Untuk urutan susunan berkas lamaran kerja yaitu surat lamaran atau cover letter, CV, ijazah, transkip nilai, serta foto yang di halaman belakangnya dituliskan nama. A[abila di dalam CV dilampirkan beberapa sertifikat, maka kamu juga perlu untuk melampirkan berkas tersebut. Dengan susunan yang rapi maka pihak perusahaan akan mudah dalam melihat IPK, dan juga jurusan yang kamu ambil semasa kamu sekolah.

4. Paparkan pengalaman secara lengkap dan relevan terhadap posisi yang akan dilamar
Pada tahap seleksi administrasi, hal yang terpenting yaitu kelengkapan dokumen. Namun walaupun lengkap, diharapkan penyajiannya padat. Meskipun ada juga perusahaan yang tidak terlalu ketat pada saat menjalankan proses seleksi administrasi, tetapi sebaiknya seorang pelamar kerja juga dapat mencamtumkan beberapa pengalaman yang ia miliki di dalam CV. “pencantuman pengalaman seperti kegiatan keorganisasian yang diikuti, freelance, pengelaman kerja, itu akan menjadi sebuah pertimbangan kualitas pelamar.

5. Update foto
Para pelamar kerja sering kali melakukan kesalahan yaitu lupa memperbarui foto. Standar foto yang di lampirkan ketika melamar sebuah pekerjaan yaitu foto yang diambil 3 bulan terakhir.

Cukup sekian penjelasan singkat dari saya tentang pengertian seleksi administrasi. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru