Pengertian Training

Advertisement
Pengertian training – Apa training itu? Tidak semua skill atau kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja bisa diperoleh di sekolah yang formal, hal tersebut dikarenakan skill atau kemampuan yang dibutuhkan lebih fukus dan spesifik dengan apa yang ditugaskan. Untuk itulah diperlukan sebuah training atau pelatihan untuk memenuhi kebutuhan karyawan sesuai apa yang diharapkan dalam bidang pekerjaan. Lalu apa itu training? Seperti apakah training itu? Tentunya diantara kamu ada yang belum tahu apa yang dimaksud training. Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan training agar nantinya kamu bisa menjelaskan arti dari training. Di sini selain menjelaskan definisi training secara umum juga akan kami jelaskan pengertian training menurut para ahli, tujuan training, metode training dan prinsip prinsip training.
Pengertian Training

Pengertian Training

Training atau yang sering disebut pelatihan adalah proses membantu para tenaga kerja untuk memperoleh efektivitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datang melalui pengembangan kebiasaan tentang pikiran, tindakan, kecakapan, pengetahuan, dan sikap yang layak. Atau training adalah cakupan dari pengembangan serta memfokuskan individu untuk mencapai kemampuan yang baru yang berguna baik bagi pekerjaannya sekarang ini ataupun di masa mendatang.
Pelatihan karyawan sekarang ini menjadi sangat penting dikarenakan beberapa alasan. Pelatihan dapat mengurangi jumlah waktu belajar yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar yang telah ditetapkan pada suatu pekerjaan tertentu. Pelatihan bermanfaat bagi karyawan secara individual karena memungkinkan mereka memperoleh tambahan pengetahuan dan keterampilan dan bahkan mungkin dapat membentuk sikap positif karyawan yang bermanfaat bagi organisasi.

Pengertian Training Menurut Para Ahli

  • Pengertian training menurut Bernardin dan Russel (1998:172). Training adalah sebagai sebuah usaha pengenalan untuk mengembangkan kinerja tenaga kerja pada pekerjaan yang dikerjakannya. Biasanya hal ini berarti melakukan perubahan perilaku, sikap, keahlian serta pengetahuan yang khusus.
  • Pengertian training menurut DeCenzo dan Robin (1999:227). Training adalah sebuah pengalaman pembelajaran di dalam mencari perubahan yang permanen secara relatif pada suatu individu yang akan memperbaiki kemampuan dalam melakukan pekerjaannya itu.
  • Pengertian training menurut Stephen P (2001:282). Training adalah pelatihan formal yang direncanakan secara matang dan mempunyai sebuah format pelatihan yang terstruktur.
  • Pengertian training menurut Gomes (2003: 197). Training adalah setiap usaha untuk memperbaiki performasi pekerja pada sebuah pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya, atau sebuah pekerjaan yang ada hubungannya dengan pekerjaannya.
  • Pengertian training menurut Neo, Hollenbeck, Gerhart & Wright (2003:251). Training adalah sebuah usaha yang terencana untuk memfasilitasi pembelajaran mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan pengetahuan, perilaku, dan keahlian oleh para pegawai.

Tujuan Training

Tujuan training adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk meningkatkan produktivitas.
  • Untuk meningkatkan kesetabilan dan keluwesan organisasi.
  • Untuk mengurangi pengawasan.
  • Untuk memperbaiki moral.
  • Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Metode Training


Metode training adalah? Metode pelatihan yang paling banyak terkenal dan banyak digunakan antara lain:

Prinsip Prinsip Training

Prinsip-prinsip pemberian training yaitu sebagai berikut:
  • Motivasi. Samakin tingginya motivasi seorang pegawai, maka semakin cepat pula dirinya mempelajari keterampilan ataupun pengetahuan yang baru. Latihan sebagai alat haruslah dihubungkan dengan tujuan yang akan diraih oleh para pegawai.
  • Laporan kemajuan. Dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana seorang pegawai sudah memahami pengetahuan yang baru. Walaupun begitu pembuatan laporan kemajuan yang terlalu sering tidaklah disarankan.
  • Reinforcement. Jika sebuah keterampilan sedang dipelajari, maka perlulah proses pembelajaran ini diperkuat dengan adanya hadiah dan juga hukuman. Manajemen harus menentukan supaya setiap hadiah dikaitkan dengan kemajuan dari seorang pegawai.
  • Praktek. Hal yang sangat penting adalah mempraktekkan dari apa yang dipelajarinya. Sebisa mungkin para pegawai yang dilatih dapat mempraktekkan keterampilannya dalam suasana pekerjaan yang sebenarnya.
  • Perbedaan individual. Walaupun latihan yang dilakukan secara kelompok sering memiliki kelebihan ekonomis, perlu disadari kalau pegawai itu pada dasarnya berbeda antara satu dengan yang lain. Karena latihan yang efektif hendaknya harus bisa menyesuaikan kecepatan serta kerumitan dengan kamampuan tiap-tiap individu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pengertian Training. Semoga apa yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini mudah untuk dipahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru