Pengertian Utang Jangka Pendek

Advertisement
Pengertian utang jangka pendek - Utang merupakan sebuah kewajiban yang harus dibayarkan. Yang namanya utang ada utang jangka pendek dan ada juga utang jangka panjang. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu utang jangka pendek, sedangkan untuk utang jangka panjang akan kami bahas di lain kesempatan. Penjelasan tentang apa yang dimaksud utang jangka pendek di sini kami maksudkan agar kamu yang belum tahu arti utang jangka pendek bisa tahu definisi utang jangka pendek. Selain itu di sini juga menjelaskan tentang utang jangka pendek yang sudah pasti dan juga jenis jenis hutang jangka pendek. Nah seperti apakah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan utang jangka pendek? Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut ini:
Pengertian Utang Jangka Pendek

Pengertian Utang Jangka Pendek

Utang jangka pendek (current liabilities) adalah utang/ kewajiban perusahaan yang jangka waktu pelunasannya tidak lebih dari satu tahun. Atau definisi hutang jangka pendek adalah utang yang diharapkan akan dapat dilunasi dalam waktu satu tahun dengan memakai sumber-sumber yang termasuk aktiva lancar atau yang menimbulkan utang lancar itu sendiri. Utang sendiri itu termasuk pengorbanan ekonomi yang wajib dilakukan perusahaan di masa mendatang dalam bentuk penyerahan aktiva ataupun pemberian jasa yang dikarenakan adanya tindakan atau transaksi di masa sebelumnya.

Yang termasuk dalam aktiva lancar diantaranya yaitu: utang usaha, utang deviden, utang wesel, biaya yang harus dibayar, utang muka penjualan pungutan pihak ketiga, utang bersyarat, utang pajak penawaran promosi, biaya jaminan dan utang jaminan kemasan.

Utang Jangka Pendek Yang Sudah Pasti

Utang jangka pendek dikatakan sudah pasti, harus memenuhi syarat syarat utang jangka pendek sebagai berikut:
  1. Adanya kewajiban membayar yang sudah pasti, maksudnya sudah terjadi sebuah transaksi yang menimbulkan kewajiban membayar.
  2. Jumlah yang harus dibayarkan sudah pasti.

Jenis jenis Hutang Jangka Pendek

Utang-utang yang telah memenuhi 2 syarat di atas terdiri dari beberapa jenis utang jangka pendek. Berikut ini adalah jenis jenis hutang jangka pendek:
  • Utang wesel.
  • Utang usaha.
  • Utang deviden.
  • Utang jangka panjang yang jatuh tempo pada periode itu.
  • Utang muka dan jaminan yang bisa diminta kembali.
  • Utang pajak.
  • Utang biaya (biaya yang masih akan dibayar)
  • Dana yang dikumpulkan untuk pihak ketiga.
  • Pendapatan diterima di muka.

Ada pula utang yang kepastian atau ketidak pastiannya tergantung dari cara pengadministrasiannya. Biaya jenis tersebut yaitu biaya yang harus dibayar. Jika pembeli dan penjual bisa menghitung besarnya biaya, maka biaya yang harus dibayarkan tersebut termasuk jenis utang yang bersifat pasti. Begitu pula sebaliknya apabila hanya penjual saja yang bisa menghitung besarnya biaya, misal biaya telepon, maka biaya yang harus dibayarkan itu termasuk jenis utang yang mengandung sebuah ketidakpastian.

Demikian apa yang saya jelaskan, tentang apa pengertian utang jangka pendek. Semoga apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru