Pengertian 3G

Advertisement
Pengertian 3G - Perkembangan teknologi komunikasi ini pada dasarnya disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan serta efisiensi dari teknologi yang ada di generasi sebelumnya. Adapun perkembangan dunia  teknologi nirkabel bisa dirangkum seperti ini: Generasi pertama (1G) merupakan generasi analog dengan kecepatan rendah (low-speed) cukup untuk suara. Lalu Generasi ke-dua (2G) merupakan generasi digital dengan kecepatan rendah-menengah. Setelah itu muncullah generasi ketiga (3G) yang merupakan generasi digital, kecepatan tinggi (high-speed). Setelah 3G ini masuk ke Indonesia, menjadi incaran perusahaan telekomunikasi. Setelah melalui proses pelelangan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, terpilihlah 3 perusahaan seluler yang mempunyai lisensi untuk mengembangkan 3G di indonesia. Perusahaan tersebut yaitu Telkomsel, Excelcomindo Pratama, dan Indosat. Nah tahukah kamu apa itu 3G? Untuk para pembaca blog ini yang belum tahu dengan yang dimaksud 3G. Bisa membaca uraian singkat dari kami tentang definisi 3G berikut ini.
Pengertian 3G

Pengertian 3G

3G (dibaca triji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris third-generation technology. Istilah umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (Wireless). 3G sebagai solusi nirkabel yang dapat memberikan kecepatan akses, di antaranya sebesar 144 Kbps dalam kondisi cepat (mobile), sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian), dan sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

Jaringan telepon telekomunikasi seluler telah meningkat menuju punggunaan layanan 3G dari 1999 hingga 2010. Jepang adalah negara pertama yang memperkenalkan koneksi jaringan 3G secara nasional dan transisi menuju 3G dicapai Jepang pada tahun 2006.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang apa yang dimaksud 3G. Semoga uraian mengenai Pengertian 3G di blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru