Skip to main content

Pengertian Analisis Kimia Kualitatif

Pengertian analisis kimia kualitatif - Pada intinya analisis kimia terdiri dari analisis kimia kualitatif dan analisis kimia kuantitatif. Nah pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu analisis kualitatif, sedangkan untuk analisis kimia kuantitatif akan kami bahas dalam pembahasan selanjutnya. Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu pengertian dari analisis kimia kualitatif? Jika belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan analisis kimia kualitatif, maka teman-teman bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi analisis kimia kualitatif beserta contoh analisis kimia kualitatif di sini dan macam-macam teknik analisis kualitatif.
Pengertian Analisis Kimia Kualitatif

Pengertian Analisis Kimia Kualitatif

Analisis kimia kualitatif yaitu sebuah rangkaian pekerjaan tentang analisis kimia yang tujuannya untuk mengetahui keberadaan (dapat juga identik) sebuah ion, senyawa, atau unsur kimia lain baik organik maupun anorganik dalam suatu sampel yang kita analisis.

Atau pengertian analisis kimia kuantitatif adalah sebuah metode analisis kimmia yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengenali suatu senyawa kimia (anion atau kation) atau unsur kimia yang ada di dalam sebuah sampel berdasarkan dari sifat kimia serta fisiknya. Analisis kualitatif berdasarkan dari sifat kimianya melibatkan beberapa reaksi, yang mana hukum kesetimbangan massa berguna dalam menentukan ke arah mana reaksi tersebut berjalan. Misalnya reaksi redoks, reaksi pengendapan, kompleks, dan reaksi asam-basa. Sedangkan untk reaksi analisis berdasarkan dari sifat fisiknya bisa diamati dengan langsung secara organoleptis, misalnya seperti warna, bau, terbentuknya gelembung gas maupun endapan yang merupakan informasi awal yang berguna untuk analisis berikutnya.

Contoh Analisis Kimia Kualitatif

Contohnya kita mempunyai sampel air minum, dan diminta dicek apakah mengandung logam berat atau tidak, maka untuk mengetahuinya kita melakukan teknik analisis secara kualitatif.

Macam-macam Teknik Analisis Kualitatif

Macam-macam metode analisis kualitatif diantaranya yaitu sebagai berikut.
  • Cara klasik
  • Cara klasik yang paling penting yaitu dengan melakukan analisa warna atau reaksi warna. Dengan cara membakar senyawa uji, lalu melihat warna nyala spesifik yang dihasilkan maka bisa diketahui senyawa yang terdapat di dalamnya. Cara ini bisa dipergunakan untuk senyawa anorganik baik itu anion, kation atau senyawa organik seperti teknik fitokimia dalam pemilihan metabolisme sekunder tumbuhan.
  • Menggunakan Instrumen
  • Di masa sekarang ini instrumen analisa bisa melakukan beragam analisa kualitatif tergantung dari spesifikasi instrumen. Misalkan Spektrofotometer UV-Vis untuk senyawa organik yang memiliki gugus kromosom, HPLC untuk senyawa-senyawa organik, AAS untuk logam-logam, Spektrofotometer IR untuk analisa gugus fungsi senyawa organik, dan lain-lain.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa pengertian analisis kimia kualitatif, semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini dapat dipahami dan dimengerti.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar