Skip to main content

Pengertian Analisis Kimia

Pengertian analisis kimia - Tahukah kamu apa itu analisis kimia? Mungkin teman-taman pernah menjumpai pertanyaan seperti itu dan ingin tahu seperti apa jawaban dari pertanyaan tentang apa yang dimaksud analisis kimia. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan analisis kimia, agar teman-teman bisa memahami dengan baik seperti apa itu definisi analisis kimia. Nah dari pada penasaran seperti apakah analisis kimia itu, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. Oh ya selain itu di sini juga kami berikan penjelasan tentang jenis analisis kimia dan perbedaan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Pengertian Analisis Kimia

Pengertian Analisis Kimia

Analisis kimia, sering kita dengar baik itu sebagai jurusan di perkuliahan sekolah kejuruan, ataupun sebagai profesi. Akan tetapi, sebetulnya apa yang dimaksud dengan analisis kimia? Secara bahasa, analisis dapat diartikan sebagai suatu proses pengkajian guna mendapatkan data ataupun kesimpulan dalam suatu pekerjaan mengenai hal tertentu, tetapi disini pengartiannya akan dipersempit bahwa analisis dalam suatu pekerjaan mengenai hal tertentu, tetapi di dini pengertiannya akan dipersempit bahwa analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu zat dalam sampel, sedangkan kimia adalah cabang ilmu yang mempelajari kommposisi, struktur, sifat zat atau materi yang juga berhubungan dengan interaksinya mulai dari skala atom hingga molekul.

Dari pemaparan di atas, analisis kimia diartikan suatu rangkaian pekerjaan untuk memeriksa/ mengetahui/ menentukan kandungan dari suatu sampel dengan tujuan tertentu. Rangkaian pekerjaan tersebut dapat berupa penentuan kadar suatu komponen, komposisi, struktur, sifat fisis, sifat kimia, fungsi senyawa, dan masih banyak lagi yang akan kita temukan di dunia 'keanalisan'. Secara umum analisis kimia dibagi menjadi dua bagian, yaitu analisis kimia kualitatif dan analisis kimia kuantitatif. Atau analisis kimia adalah suatu cabang ilmu kimia yang berfokus pada analisis, cuplikan material untuk bisa mengetahui komposisi, susunan/ struktur dan fungsi kimiawinya.

Jenis analisis kimia

Secara tradisional jenis analisis dalam ilmu kimia terbagi menjadi 2 jenis analisis kimia yaitu sebagai berikut ini.
  1. Analisis kimia kualitatif
  2. Analisis kimia kualitatif adalah suatu rangkaian pekerjaan analisis yang tujuannya untuk mengetahui/ mengidentifikasi keberadaan suatu ion, unsur ataupun senyawa kimia lain pada sampel yang kita analisa baik itu organik maupun anorganik. Contoh analisis kimia kualitatif yaitu kita memiliki sampel air minum, dan diminta untuk mengecek apakah di dalamnya mengandung logam berat ataukah tidak. Maka untuk dapat mengetahuinya kita bisa melakukan teknik analisa secara kualitatif.
  3. Analisis kimia kuantitatif
  4. Analisis kimia kuantitatif adalah suatu rangkaian pekerjaan atau aktivitas analisis yang tujuannya untuk bisa mengetahui jumlah pada suatu unsur atau senyawa dalam sebuah sampel yang sedang kita analisa. Contoh analisis kimia kuantitatif adalah kita mendapatkan tempe lalu diminta untuk menentukan kadar protein yang ada pada tempe tersebut. Maka untuk mengetahuinya kita bisa melakukan analisa kuantitatif.

Perbedaan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif

Jelaskan perbedaan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif? Berikut ini adalah penjelaskan perbedaan antara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Apabila kita perhatikan perbedaan dari analisis kualitatif dengan analisis kuantitatif yang umum adalah pada tujuan dan hasil dari analisa. Apabila pada analisis kualitatif diminta untuk bisa menentukan keberadaan pada suatu zat, sedangkan pada analisis kuantitatif diminta untuk bisa menentukan jumlah pada suatu zat. Kemudian hasil analisis kualitatif itu bisa berupa data dan secara objektif. Sedangkan hasil dari analisis kuantitatif yaitu memberikan data secara numerik atau matematis.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan tentang pengertian Analisis kimia. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagia anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar