Skip to main content

Pengertian Dekantasi

Pengertian dekantasi - Berbicara tentang teknik pemisahan dalam ilmu kimia, ada yang namanya ekstraksi dan dekantasi. Jika sebelumnya kami telah membahas ekstraksi maka kali ini kami akan membahas tentang apa itu dekantasi dan contohnya. Nah teman-teman sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dekantasi dan contohnya? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan dekantasi? Bagi teman-teman yag belum tahu arti dekantasi atau definisi dari dekantasi beserta contoh dekantasi, maka teman-teman bisa menyimak penjelasan tentang pengertian dekantasi dan contohnya berikut ini, selain itu di sini juga kami sertakan juga tentang tujuan dekantasi.
Pengertian Dekantasi

Pengertian dekantasi

Dekantasi adalah sebuah teknik pemisahan antara larutan dan padatan yang paling sederhana, yakni dengan menuangkan cairan secara perlahan-lahan sehingga endapan tinggal di bagian dasar bejana. Teknik seperti ini bisa dilakukan apabila endapan memiliki ukuran partikel yang besar dan masa jenis yang besar pula, sehingga bisa terpisah dengan baik terhadap cairannya. Apabila massa jenis dan ukuran partikelnya relatif kecil sehingga ada sebagian padatan yang mengapung atau melayang, maka cara pemisahan yang tepat yaitu dengan sentrifugasi atau penyaringan.

Contoh dekantasi

Contoh dekantasi adalah antara air dengan pasir atau campuran suspensi lainnya antara padatan dengan cairan. Sebenarnya bahkan dekantasi juga bisa dilakukan antara dua cairan yang tidak bercampur seperti air dengan minyak.

Tujuan dekantasi

Tujuan dari dekantasi adalah untuk menghasilkan filtrat yang bersih, atau digunakan untuk menghilangkan cairan yang tidak diinginkan dari residu atau endapan yang terbentuk. Apabila tujuannya adalah ingin memperoleh filtrat yang bersih, umumnya larutan disisakan sedikit di dalam wadah, serta harus diberikan peralakuan untuk mencegah adanya endapan yang terbawa bersama larutan ke luar bejana tersebut.

Demikian penjelasan tentang pengertian dekantasi yang dapat kami tuliskan di sini. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar