--> Skip to main content
Menu

Pengertian dan Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pengertian dan pengaruh letak geografis indonesia - Negara Indoenesia letak geografisnya sangat strategis hal tersebut dikarenakan indonesia terletak ditengah-tengah garis katulistiwa dan diapit benua dan samudra, hal itu memberikan banyak pengaruh untuk indonesia. Pengaruhnya untuk Indonesia yaitu pada kondisi alam dan juga penduduk yang sangat besar karena letaknya geografis yang strategis. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya.

Pengertian dan pengaruh letak geografis indonesia

Pengertian Letak Geografis adalah posisi atau letak sebuah negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Negara Inonesia berdasarkan letak geografisnya berada diantara 2 benua yaitu Australia dan Asia, dan diantara 2 samudra yaitu samudra hindia dan pasifik. Indonesia terletak diapit 2 benua terletak diantara 2 samudra berpengaruh besar pada kehidupan penduduk maupun keadaan alam.

Pengaruh letak geografis indonesia terhadap kondisi alam dan penduduk

1. Pengaruh letak geografis terhadap keadaan alam Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang menjadi pertemuan antara 2 samudra besar (Samudra Hindia dan Pasifik dan diapit oleh daratan benua yang luas (Benua Australia dan Asia). Itulah yang mempunyai pengaruh terhadap keadaan alam Indonesia.

  • Indonesia wilayahnya beriklim laut, karena merupakan sebuah negara kepulauan. Hal tersebut banyak mendapatkan berpengaruh angin laut yang bisa mendatangkan banyak hujan.
  • Indonesia mempunyai iklim musim, yakni iklim yang dipengaruhi angin muson yang beerhembus berganti arah setiap enam bulan sekali. Hal itulah yang menyebabkan adanya musim hujan dan kemarau di Indonesia.

2. Pengaruh letak geografis terhadap keadaan penduduk Indonesia

Indonesia letaknya berada pada posisi silang atau disebut cross position yaitu antara 2 benua dan 2 samudra, maka mempunyai pengaruh bagi kehidupan penduduk Indonesia. Pengaruhnya yaitu sebagai berikut ini.

  • Banyak pengaruh budaya asing di Indonesia, yaitu dalam bidang agama, peradaban, seni dan bahasa.
  • Letak Indonesia berada diantara negara-negara berkembang, yang membuat Indonesia mempunyai banyak sekali mitra dalam bekerja sama.
  • Di Indonesia ini lalu lintas perdagangan serta pelayaran sangat ramai. Hal itulah yang dapat menunjang perdagangan Indonesia serta memperoleh tambahan sumber pendapatan devisa negara.

Demikian penjelasan dari kami tentang Pengertian dan pengaruh letak geografis indonesia. Semoga informasi tentang pengertian tersebut bermanfaat untuk kalian semua.