--> Skip to main content
Menu

Pengertian Sungai dan Jenis jenis Sungai

Pengertian sungai dan jenis jenis sungai - Sungai dapat katakan sebagai air yang mengalir. Sungai terdiri dari berbagai macam atau jenis sungai menurut sumber airnya dan menurut debit airnya. Namun sebelum kita bahas tentang jenis-jenis sungai terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa yang dimaksud sungai?. Menurut para ahli Pengertian sungai adalah air yang secara alamiah mengalir melalui sebuah saluran alam. Umumnya sungai akan bermuara sampai ke danau-danau atau laut. Namun ada juga sungai yang bermuara tidak sampai laut, sungai tersebut ada di daerah gurun yang kering,sungai seperti ini kalau di australia disebut dengan creek dan kalau di arab disebut dengan wadi. Terdapat jenis-jenis sungai menurut sumber airnya yatu sungai hujan, sungai gletsyes, dan sungai campuran. Sedangkan jenis sungai menurut debit airnya ada 3 yaitu sungai permanen, sungai periodik, dan sungai episodik. Agar dapat mengetahui lebih jauh tentang macam-macam atau jenis-jenis sungai silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Sungai dan Jenis jenis Sungai
(Sungai)

Jenis sungai berdasarkan sumber airnya

1. Sungai Hujan

Sungai Hujan adalah sungai yang sumber airnya berasal dari air hujan baik itu seara langsung maupun secara tidak langsung. Secara langsung artinya sungai hujan berasal dari air hujan jika curah hujan yang jatuh akan langsung mengalir di permmukaan bumi dan masuk ke dalam aliran sungai. Sedangkan secara tidak langsung artinya sungai hujan berasal dari air hujan, jika curah hujan yang jatuh mengalami peresapan terlebihh dahulu ke dalam tanah (infiltrasi), dan di tempat yang lebih rendah air hujan yang tadi meresap ke dalam tanah akan muncul kembali ke permukaan bumi sebagai mata air, lalu membentuklah aliran sungai. Di Indonesia sungai-sungai umumnya termasuk jenis sungai hujan, kecuali ada beberapa sungai di Papua yang termasuk sungai campuran.

2. Sungai gletser

Sungai gletser adalah sungai yang airnya bersumber dari salju yang mencair/ gletsyer. Gletsyer merupakan lapisan es yang secara perlahan bergerak melalui lembah menuruni pegunungan karena adanya gaya berat. Sungai gletsyer rata-rata ada di daerah yang mempunyai iklim dingin dan yang berada di sekitar kutub.

3. Sungai campuran

Sungai campuran adalah sungai yang sumber airnya dari air hujan dan juga dari gletsyer yang mencair. Sungai campuran berada di daerah lintang sedang, pegunungan yang ketinggiannya sangat tinggi biasanya ditutupi oleh salju, dan disitu banyak gletsyer menuruni lereng lewat lembah. Karena adanya perubahan suhu lah, salju dan gletsyer dapat mencair sewaktu-waktu dan mengisi lembah sungai yang ada di sekitarnya. Selain itu, di daerah tersebut juga memiliki presipitasi yang tinggi, maka air hujan yang ada di daerah tersebut akan masuk ke dalam palung sungai. Di Indonesia sungai campuran contohnya yaitu sungai Memberamo dan Digul di Provinsi Papua, hulu kedua sungai tersebut berada di sekitar Punca Pegunungan Jayawijaya, puncak jayawijaya selalu tertutup oleh salju abadi.

Jenis sungai berdasarkan debit airnya

1. Sungai permanen

Sungai permanen adalah sungai yang mempunyai debit air hampir tetap sepanjang tahun. Sungai permanen ketika musim penghujan maupun kemarau mempunyai perbedaan debit air yang tidak begitu besar. Contoh dari sungai permanen yaitu sungai Memberamo, sungai musi, sungai kapuas, sungai barito dan sungai mahakam.

2. Sungai periodik

Sungai periodik adalah sungai yang debit airnya melimpah/ banyak ketika musim penghujan dan ketika musim kemarau debit airnya kecil. Jenis sungai seperti ini banyak terdapat di pulau jawa, sebab DAS sungai-sungai yang ada di pulau jawa banyak yang berubah menjadi daerah pertanian. Sebagai contoh sungai periodik yaitu sungai brantas dan sungai bengawan solo.

3. Sungai episodik

Sungai episodik adalah sungai yang sungai yang pada saat musim penghujan debit airnya besar, namun pada saat musim kemarau kering. Jenis sungai seperti ini banyak dijumpai di daerah yang mempunyai musim kemarau sangat panjang dibanding dengan musim penghujannya. Sebagai contoh jenis sungai episodik yaitu sungai Kalada yang ada di pulau Sumbawa.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang Pengertian Sungai dan Jenis jenis Sungai. Semoga artikel tentang pengertian sungai dan jenisnya tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda.