Pengertian Cerita Daerah dan Jenis-Jenisnya

Advertisement
Pengertian cerita daerah dan jenis-jenisnya - Kita tentunya pernah mendengar yang namanya cerita-cerita daerah yang berkembang di berbagai daerah, karena setiap derah mempunyai cerita sendiri-sendiri. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan cerita daerah? Apa saja jenis-jenisnya? Mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu definisi cerita daerah. Selain itu mungkin juga ada yang tidak tahu jenis jenis cerita daerah. Oleh karena itulah pada artikel ini kami akan membahas tentang arti cerita daerah dan jenis jenis cerita daerah beserta unsur-unsur dalam cerita daerah. Langsung saja berikut ini penjelasannya silahkan dibaca sampai selesai dan dipahami agar bisa mengerti seperti apa cerita daerah dan jenis-jenisnya.
Pengertian Cerita Daerah

Pengertian Cerita Daerah

Cerita daerah adalah sebuah cerita yang berkembang di suatu daerah. Isi dari cerita daerah yaitu banyak yang menggambarkan tentang adat istiadat daerah tersebut. Penamaan seorang tokoh serta latar yang tampak di dalamnya merupakan ciri dari cerirta daerah. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis cerita daerah silahkan lihat penjelasannya berikut ini.

Jenis Cerita Daerah

Ada beberapa jenis jenis cerita daerah, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Mite adalah sebuah cerita tentang sebuah kepercayaan contohnya tentang para dewa.
  • Fabel adalah cerita yang tokohnya adalah binatang yang bertingkah laku layaknya manusia.
  • Legenda adalah cerita yang menceritakan tentang asal usul sebuah tempat, binatang serta benda-benda lainnya.
  • Sage adalah cerita mengenai kepahlawanan dan kehidupan para raja.

Unsur-unsur Dalam Cerita Daerah

Terdapat dua unsur dalam cerita daerah yaitu usnur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini penjelasan tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita daerah.
  1. Unsur Intrinsik adalah unsur yang secara langsung melekat berada di dalam isi cerita dalam cerita daerah. Sebagaimana halnya cerpen unsur intrinsik terdiri dari tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat.
  2. Unsur Ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar sebuah cerita dalam cerita daerah, tetapi berpengaruh terhadap gaya maupun isi cerita tersebut. Yang termasuk dalam unsur ekstrinsik biasanya yaitu kebiasaan masyarakat atau adat istiadat yang berlaku di daerahnya. Sebagai contoh adat-istiadat dalam menyambut kelahiran anak, dalam bertamu, dalam pernikahan, ataupun dalam mengobati orang yang sedang sakit.

Demikian uraian penjelasan dari kami tentang pengertian cerita daerah dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami dan menambah pengetahuan kita. Sekian dari kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya. Baca juga artikel tentang: Pengertian Cerita Rakyat dan Jenis jenisnya.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru