Pengertian Narasi dan Contohnya

Pengertian narasi dan contohnya - Kitika kita belajar bahasa Indonesia di sekolah ada materi pelajaran tentang narasi. Apa itu narasi? Seperti apa yang dimaksud narasi dan seperti apa contohnya? Masih ingatkah kamu dengan apa yang dimaksud dengan narasi dan juga contoh dari narasi? Jika kamu lupa tentang definisi narasi dan contoh narasi atau malah belum dapat materi tentang arti narasi dan contoh narasi, maka di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan contoh narasi. Selain itu di sini juga akan kami jelaskan tengang unsur unsur terpenting dalam paragraf narasi dan pola pengembangan narasi. Silahkan anda baca hingga selesai penjelasannya sebagai berikut ini:
Pengertian narasi dan contohnya

Pengertian Narasi

Secara sederhana narasi dapat diartikan sebagai paragraf yang berisi tentang kejadian atau cerita. Dalam narasi ada pola-pola dalam pengembangan paragraf narasi. Paragraf Narasi adalah paragraf yang menguraikan atau menjelaskan tentang sebuah kejadian atau peristiwa berdasarkan dari urutan waktu. Dalam paragraf narasi ada karakteristik dari narasi yaitu ada tokoh, ada latar (ruang dan waktu), dan juga ada urutan kejadian. Agar lebih memahami narasi dengan baik, silahkan perhatikan contoh narasi seperti yang ada dalam penjelasan berikut ini.

Contoh Narasi

Pada saat itu, aku sedang siap-siap berangkat sekolah. Namun tiba-tiba di televisi ada “Berita Pagi” yang menayangkan sebuah berita tentang terjadinya kebakaran hebat. Peristiwa tersebut terjadi di sebuah perumahan yang berada di dekat sekolahku. Kejadiannya sekitar pukul dua dini hari. Dengan adanya berita tersebut aku sangat terkejut, mengingat teman-temanku banyak yang tinggal di daerah itu. Dalam hatiku, aku berharap semoga tidak ada satu pun temanku yang menjadi korban. Usai menyaksikan berita tersebut, aku pun segera berangkat ke sekolah. Sesampainya di sekolah ternyata harapanku telah kandas. Ada lima temanku yang rumahnya musnah di lalap si jago merah.

Unsur Unsur Terpenting Dalam Paragraf Narasi

Analisis unsur unsur penting dalam paragraf narasi dalam contoh narasi diatas:
  1. Tempat: di perumahan dekat lingkungan sekolah si aku
  2. Waktu: Pukul dua dini hari
  • Urutan kejadian:
  1. Aku sedang bersiap-siap berangkat ke sekolah
  2. Televisi menayangkan sebuah berita kebakaran
  3. Kebakaran terjadi di perumahan dekat sekolahku
  4. Lima rumah teman si aku menjadi korban.

Pola Pengembangan Narasi

Sebuah narasi juga perlu pola pengembangan narasi agar narasi menjadi lebih baik. Pola pengembangan narasi terbagi dalam urutan waktu disebut sebagai pola kronologis dan urutan tempat/ ruang disebut sebagai pola spasial. Berikut ini adalah penjelasan dari kedua pola tersebut.

1. Pola urutan waktu pada narasi (Pola kronologis)
Pada pola kronologis, peristiwa atau kejadian-kejadian diceritakan disampaikan dengan urutan waaktu, misalnya dari zaman dulu hingga zaman sekarang, dari pagi hingga malam, dari permulaan sampai selesai dan lain-lain.

Contoh narasi dengan pola urutan waktu
Tidak seorang pun bisa sunguh-sungguh tidur panjang sepanjang malam itu. Pada saa bunyi kokok ayam hutam berdera-derai menandakan kalau pagi akan tiba, mereka pun bergegas bangun. Sekarang mereka memandangi rimba sekelilingnya dengan lebih cermat dan awas. Mereka memasak makanan dan air, mengambil air wudhlu dan sholat. Sebagian dari pancaindra mereka mengamati dan memeriksa rimba yang ada di sekitarnya, rimba yang sekarang mengandung ancaman dan maut.

2. Narasi dengan pola urutan tempat/ ruang (pola spesial)
Pada pola spasial, kejadian atau peristiwa-peristiwa dalam paragraf dirangkai mengikuti bagian-bagian dari sebuah tempat, misalnya dari pinggir ke tengah, dari selatan ke utara, dari dalam ke luar, dan lain-lain.

Contoh narasi dengan pola urutan tempat
Pada beberpa tahun lalu, anda datang ke desa kelahiranku dengan menumpang kereta, anda akan berhenti di dekat stadion. Berjalanlah menyusuri jalan raya ke barat, maka sekitar satu kilo meter dari stadion, akan tibalah anda di jalan desaku. Di sebalah kecil ke kanan, simpang yang ke enam, beloklah, ke gang sempit itu. Di ujung gang tersebut, nanti ada akan menemui sebuah masjit tua. Di depannya terdapat kolam ikan yang airnya mengalir dari pancuran.

Itulah uraian penjelasan tentang pengertian narasi dan contohnya. Semoga apa yang kami sampaikan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat kepada anda.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru