Pengertian Fakta dan Pengertian Opini beserta Contohnya

Pengertian fakta dan pengertian opini beserta contohnya - Dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak sekali fakta dan opini yang kita jumpai. Sebenarnya antara fakta dan opini mempunyai definisi dan arti yang berbeda namuun terkadang kita sulit untuk membedakan mana yang merupakan fakta dan mana yang merupakan opini. Maka dari itulah di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian fakta dan pengertian opini serta contohnya. Mungkin diantara kamu ada yang tahu tentang apa yang dimaksud fakta dan opini? Mungkin juga ada yang belum tahu apa itu fakta dan opini. Nah dari situlah maka di ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan fakta dan opini serta seperti apa contohnya. Berikut ini adalah definisi fakta dan opini atau arti fakta dan opini beserta contohnya.
pengertian fakta dan pengertian opini

Pengertian Fakta dan Pengertian Opini

Pengertian fakta adalah suatu hal, peristiwa atau keadaan yang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi (kenyataan). Sedangkan pengertian opini adalah sebuah pendapat, pikiran ataupun pendirian yang kebenarannya belum diakui. Dengan melihat pengertian antara fakta dan opini maka perbedaan antara fakta dan opini sudah terlihat dengan jelas. Untuk tambah lebih jelas lagi mengenai perbedaan fakta dan opini bisa kita lihat contoh fakta dan opini berikut ini.

Contoh Fakta dan Opini

Berikut ini kami berikan contoh fakta dan opini:

Contoh Fakta
  • Sekarang, rata-rata waktu yang digunakan siswa dalam belajar sekitar lima jam perhari.
  • Semmentara di tahun sebelumnya, berdasarkan survei sebuah LSM, waktu belajar siswa di luar sekolah hanya 2 sampai 3 jam per hari.

Contoh Opini
  • Di kalangan remaja Indonesia kini kesadaran akan pentingnya belajar semakin meningkat, terutama jika dilihat dari banyaknya waktu belajar mereka. Kesadaran tersebut perlu ditunjang oleh kepedulian pemerintah dan orang tua, misalnya dengan menyediakan bahan-bahan bacaan bermutu yang sesuai dengan tingkat perkembangan psikologi mereka.
  • Supaya suasana di kelas lebih menyenangkan perlu adanya perubahan formasi tempat duduk.

Demikian uraian singkat dari kami tentang Pengertian fakta dan pengertian opini beserta contohnya. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru