Pengertian Masalah : Apa itu Masalah?

Pengertian masalah : apa itu masalah – Tentunya setiap orang akan mempunyai masalah atau problem dalam menjaani kehidupannya. Di manapun berada setiap orang mempunyai masalah yang beragam. Misalnya masalah dalam hal pendidikan, masalah percintaan, masalah dengan keluarga dan lain-lain. Tahukah kamu apa yang dimaksud masalah? Kalau kamu masih belum tahu apa yang dimaksud dengan masalah? Maka di sini kami akan menguraikan tentang definisi masalah atau arti masalah. Selain itu juga akan kami berikan beberapa tentang contoh masalah. Silahkan di baca sapai selesai berikut ini penjelasan tentang pengertian masalah dan contohnya.
Pengertian Masalah

Pengertian Masalah

Masalah adalah suatu pernyataan tentang keadaan yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Biasanya sebuah masalah dianggap sebagai suatu hal yang harus dipecahkan atau diselesaikan. Atau masalah yaitu sesuatu yang memerlukan jawaban alternatif, maksudnya jawaban dari masalah utnuk pemecahan masalah itu bisa lebih dari satu. Kemudian dengan kriteria tertentu akan ditentukan salah satu jawaban yang resikonya paling kecil. Alternatif jawaban tersebut biasanya dapat ditemukan kalau seseorang telah mempunyai sejumlah data maupun informasi yang berhubungan dengan masalah yang sedang terjadi. Untuk lebih memahami tentang apa itu masalah maka perlu memahami contoh masalah berikut ini.

Contoh Masalah

Berikut ini kami berikan beberapa contoh masalah belajar:
  • Nila sudah tiga hari ini tidak masuk sekolah karena dia harus menunggu ibunya di rumah sakit. Nila bingung sebnarnya dia tidak mau ketinggalan pelajaran di sekolah. Namun dirinya juga tidak tega kalau meninggalkan ibunya yang terbaring sakit di rumah sakit.
  • Nanto tidak bisa belajar dengan baik. Selama tiga hari berturut-turut tetangganya menyelenggarakan pesta sehingga suasana di tempat tinggal nanto menjadi ingar bingar. Dirinya tidak dapat lagi berkonsentrasi ketika belajar.

Dari contoh di atas kesimpulan yang menandakan masalah yaitu
  • Nila menghadapi ibunya yang sakit dan ketinggalan pelajaran di sekolah.
  • Nanto tidak bisa belajar dengan baik. 
Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang pengertian masalah : apa itu masalah ?. Mudah-mudahan anda bisa memahaminya dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya yang akan kami publikasikan dalam blog temukan pengertian ini.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru