Pengertian Paragraf Eksposisi dan Contohnya

Advertisement
Pengertian paragraf eksposisi dan contohnya - Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tentunya kita pernah mendapatkan materi tentang paragraf eksposisi beserta dengan contoh paragraf eksposisi. Dan setelah mendapatkan materi biasanya akan ditanyai pertanyaan seperti ini apa yang dimaksud dengan paragraf eksposisi dan berikan contohnya. Masih ingatkan kamu dengan apa yang dimaksud paragraf eksposisi dan contohnya? Seperti apa itu paragraf eksposisi dan contohnya. Jika kamu lupa atau malah belum pernah dapat materi tersebut. Maka di sinilah kami akan membahas tentang definisi paragraf eksposisi dan contohnya. Berikut ini penjelasan tentang arti paragraf eksposisi dan contohnya, silahkan kamu baca sampai selesai.
pengertian paragraf eksposisi dan contohnya

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang merupakan sejumlah pengetahuan atau sebuah informasi. Tujuan penulisan paragraf eksposisi yaitu supaya pembaca memperoleh informasi serta pengetahuan dengan secara sejelas-jelasnya. Berita-berita yang telah anda baca terdahulu, terdiri dari paragraf-paragraf eksposisi. Selain pada berita bentuk paragraf eksposisi juga bisa kamu temui dalam sebuah buku resep, laporan ilmiah dan petunjuk penggunaan.

Contoh paragraf eksposisi

Untuk mengetahui lebih jelas tentang paragraf eksposisi, simaklah contoh paragraf eksposisi beserta identifikasinya berikut ini.

Sekitar tiga ratusan pelajar SMA/ SMK sederjat, berkumpul di alun-alun Kudus, Jalan Jendral Sudirman, Sabtu (11/9). Setelah melakuan berbagai persiapan, para pelajar tersebut melakukan pawai melewati taman balai jagong wergu wetan, kemudian melewati Jalan A. Yani kembali ke alun-alun lagi.

Kelompok pelajar tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok.  Yang berada di paling depan para siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan berbagai koreografi dengan bendera yang dibawanya. Kelompok mayoret tersebut diikuti oleh marching band, kemudian disusul oleh sejumlah pelajar yang membawa sebuah papan bertulisan tentang hak-hak yang patut diperoleh seorang remaja. Kelompok pelajar yang berada di bagian belakang adalah sekelompok pelajar yang berbaris di dalam selimut sebuah spanduk. Dalam spanduk tersebut bertuliskan petisi berupa tanda tangan sejumlah pelajar SMA/ SMK sederajat yang bersekolah di kudus.

Dari kedua paragraf tersebut intinya yaitu sebuah informasi. Informasi tersebut yaitu berupa sebuah acara pelaksanaan karnaval yang diikuti oleh ratusan pelajar. Karena itulah paragraf-paragraf tersebut dikelompokan dalam jenis paragraf eksposisi. Hal itu sesuai dengan karakteristik paragraf eksposisi yang tujuannya untuk memberi informasi atau pengetahuan sejelas-jelasnya kepada para pembaca. Karakteristik lainnya yaitu adanya sebuah fakta. Coba anda perhatikan pada paragraf yag pertama pada contoh tersebut. Setiap kalimat yang ada dalam paragraf tersebut merupakan kalimat yang menunjukkan fakta.

Dalam paragraf tersebut yang merupakan kalimat fakta adalah:
  • Sekitar tiga ratusan pelajar SMA/ SMK sederjat, berkumpul di alun-alun Kudus, Jalan Jendral Sudirman, Sabtu (11/9).
  • Setelah melakuan berbagai persiapan, para pelajar tersebut melakukan pawai melewati taman balai jagong wergu wetan, kemudian melewati Jalan A. Yani kembali ke alun-alun lagi.

Demikianlah penjelasan yang bisa kami berikan tentang pengertian paragraf eksposisi dan contohnya. Semoga penjelasan yang kami berikan pada blog temukan pengertian ini memberikan manfaat untuk anda. Lihat juga artikel tentang: Pengertian Paragraf deskripsi dan Contohnya.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru