Pengertian Puisi dan Contohnya

Advertisement
Pengertian puisi dan contohnya - Tentunya anda pernah mendengar sebuah puisi atau bahkan pernah membaca puisi. Puisi biasanya digunakan untuk megungkapkan sebuah perasaan yang dituangkan dengan kata-kata yang indah dan penuh dengan makna. Tahukah kamu apa itu puisi? Seperti apa contoh puisi. Bagi kamu mungkin ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud puisi dan contohnya. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengnai apa yang dimaksud dengan puisi dan contohnya. Oke langsung saja berikut ini penjelasan tentang definisi puisi dan contohnya. Silahkan dibaca sampai selesai arti puisi dan contohnya agar bisa lebih memahaminya.

Pengertian Puisi

Puisi adalah sebuah karangan yang mengutamakan irama dan majas untuk memperindah kata-kata dalam puisi agar lebih berwarna. Puisi merupakan wujud ekspresi dari pikiran serta batin seseorang yang diungkapkan melalui kata-kata yang terpilih dan bisa mewakili berbagai ungkapan makna sehingga akan menimbulkan kesan khusus, penafsiran beragam dan keindahan. 

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pendapat mengenai pengertian puisi dari para ahli yang apda dasarnya pengertian tersebut mempunyai maksud yang sama:
  • Menurut Herman Waluyo puisi yaitu sebuah karya sastra tertulis yang paling awal ditulis oleh manusia.
  • Menurut sumardi puisi yaitu sebuah karya sastra dengan bahasa yang diperoleh, dipersingkat diberi bunyi dan irama yang padu dengan pemilihan kata-kata yang kias/ imajinatif.
  • Menurut Thomas Carlye puisi yaitu sebuah ungkapan pikiran yang bersifat musikal.
  • Menurut James Reevas puisi yaitu ekspresi dari bahasa yang kaya serta penuh dengan daya pikat.
  • Menurut Pradopo puisi yaitu sebuah rekaman dan interpretasi dari pengalaman manusia yang penting, dengan diubah dalam bentuk yang paling terkesan.
  • Menurut Herbert Spencer puisi yaitu sebuah bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional namun tetap mempertimbangkan keindahan.

Contoh Puisi

Berikut ini adalah contoh puisi:
pengertian puisi dan contohnya

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang apa itu pengertian puisi dan contohnya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru