Pengertian Surat Niaga

Pengertian surat niaga - Dalam kegiatan bisnis, surat memegang peran penting sebab sebagian besar hubungan dengan pihak lain dilakukan melalui surat. Surat merupakan sarana penting untuk mengadakan hubungan dengan perusahaan lain atau dengan para pelanggan. Surat jenis- jenisnya ada banyak diantaranya yaitu surat pribadi, surat dinas, surat niaga dan surat lamaran kerja. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu surat niaga. Untuk surat pribadi silahkan baca artikel: pengertian surat pribadi, untuk surat dinas baca: pengertian surat dinas, dan untuk surat lamaran kerja baca: pengertian surat lamaran kerja. Kembali ke topik pembahasan tahukah kamu apa yang dimaksud surat niaga? Untuk kamu yang sekarang masih belum tahu tentang arti surat niaga atau definisi surat niaga. Maka di siinilah kami pengertian surat niaga beserta contohnya. Selain itu juga kami jelaskan jenis dan fungsi surat niaga.
Pengertian Surat Niaga

Pengertian Surat Niaga

Yang dimaksud dengan surat niaga yaitu sebuah surat yang ditulis atau dibuat untuk kepentingan bisnis atau perdagangan. Surat niaga merupakan jenis surat yang dikeluarkan oleh suatu badan usaha atau perusahaan dalam rangka  menjalankan usahanya. Surat niaga juga dapat disebut sebagai surat resmi yang biasanya berisi tentang tawaran, jual beli barang maupun jasa.

Surat niaga adalah surat yang digunakan dalam kegiatan usaha atau bisnis. Surat niaga dibuat oleh orang-orang atau perusahaan dalam rangka mencari keuntungan. Surat niaga dapat dibedakan menjadi surat niaga intern dan surat niaga ekstern. Surat niaga intern adalah suarat yang digunakan dalam perusahaan itu sendiri (intern). Surat niaga ekstern adalah surat yang digunakan untuk berhubungan dengan perusahaan-perusahaan lain.

Jenis jenis surat niaga

Ada berbagai macam jenis jenis surat niaga/ macam-macam surat niaga. Berikut ini beberapa jenis surat niaga yang sering digunakan oleh perusahaan:

Salah satu jenis surat niaga adalah surat pesanan, yaitu surat yang berasal dari pembeli yang dikirimkan ke penjual. Surat tersebut berisi tentang pesanan untuk membeli suatu barang atau jasa tertentu. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pesanan yaitu sebagai berikut ini:
  • Menyebutkan surat pemesanan barang atau jasa berdasarkan surat penawaran atau iklan dan lain-lain yang berasal dari penjual.
  • Menyebutkan jenis serta jumlah barang atau jasa yang akan dipesan, sebaiknya dibuat ke dalam bentuk daftar agar lebih mudah ketika mau mengeceknya.
  • Menyebutkan bagimana cara yang digunakan dalam pengiriman.
  • Menyebutkan cara pembayaran yang digunakan.
  • Menyebutkan waktu pengiriman yang diinginkan.
  • Menyebutkan cara packing atau pengepakannya.

Fungsi Surat Niaga

Terdapat beberapa macam fungsi surat niaga dan penjelasannya.Fungsi surat niaga adalah sebagai berikut ini:
  • Sebagai sebuah bukti yang nyata hitam di atas putih, khususnya dalam surat-surat perjanjian.
  • Sebagai wakil ataupun duta penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya.
  • Sebagai pengingat, karena surat bisa diarsipkan dan bisa dilihat lagi apabila memang diperlukan.
  • Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan.
  • Sebagai pedoman dalam menjalankan tugas kerja.
  • Sebagai bukti dari sejarah.
  • Sebagai alat dalam promosi.

Contoh Surat Niaga

Di sini kami berikan satu contoh surat niaga pemesanan barang dari pembeli yang ditujukan kepada penjual. Contoh Surat Niaga adalah sebagai berikut ini:
Pengertian Surat Niaga


Sekian penjelasan dari saya tentang pengertian surat niaga. Semoga penjelasan dari kami yang ada dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru