Pengertian Informasi Langsung dan Tidak Langsung

Advertisement
Pengertian informasi langsung dan tidak langsung - Sebelumnya telah kami bahas tentang pengertian informasi dan jenis-jenisnya. Sebuah informasi itu ada yang namanya informasi langsung dan informasi tak langsung. Antara informasi langsung dan tak langsung itu mempunyai pengertian yang berbeda. Meskipun mempunyai pengertian yang berbeda namun banyak orang yang sulit untuk membedakan antara informasi langsung dan tidak langsung. Diantara teman-teman tentunya ada yang sudah tahu tentang apa yang dimaksud informasi langsung dan tidak langsung. Namun tentunya ada juga yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan informasi langsung dan tidak langsung. Maka dari itulah di sini kami akan membahas pengertian informasi langsung dan tidak langsung beserta contohnya.
Pengertian Informasi Langsung dan Tidak Langsung

Pengertian Informasi Langsung dan Tak Langsung

Pengertian informasi langsung adalah sebuah informasi yang bersumber secara langsung dari tuturan narasumber, tanpa adanya penceritaan kembali atau tanpa mengalami perubahan-perubahan. Sedangkan pengertian informasi tak langsung adalah sebuah informasi yang disampaikan kembali oleh orang lain/ pihak lain. Informasi tersebut sudah mengalami perubahan-perubahan dengan menggunakan kata-kata seorang pencerita. Apabila dilihat dari pengertian tersebut, maka antara informasi langsung dan tak langsung sudah jelas perbedaaanya, namun alangkah baiknya, kita lihat contoh-contoh informasi langsung dan tak langsung supaya bisa lebih memahaminya.

Contoh Informasi Langsung dan Tidak Langsung

Berikut ini adalah contoh informasi langsung dan tak langsung:

Contoh Informasi Langsung:
  • “Presiden Joko Widodo sudah menerima keluhan yang begitu banyaknya dari warga DKI Jakarta berhubungan dengan tingkat kemacetan akibat ekspansi pembangunan koridor busway” ujar Djarot Saiful Hidayat.
  • “Peningkatan frekuensi pemeriksaan jalur kereta adalah langkah yang digunakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan pada jalur kereta dari upaya pencurian maupun sabotase”, ujar Dirjen Perkeretaapian Departemen perhubungan, Zulfikri.

Contoh Informasi Tak Langsung:
  • Presiden Joko Widodo meminta pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat sebuah langkah trobosan untuk mengatasi tingkat kemacetan yang parah di Jakarta.
  • Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan, Zulfikri, mengatakan bahwa PT KAI akan menambahkan personel Juru periksa jalur. Hal itu untuk meningkatkan pengawasan keamanan rel. Selain itu PT KAI juga akan melarang cuti karyawannya yang bertugas di bidang pengamanan jalur dan perlintasan selama pelayanaan mudik dan balik lebaran tahun 2018.

Bagaimana sudah terlihat jelaskan pengertian informasi langsung dan tidak langsung. Semoga apa yang telah kami jelaskan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru