Pengertian Paragraf Argumentasi dan Contohnya

Advertisement
Pengertian paragraf argumentasi dan contohnya - Mungkin kamu pernah menemui pertanyaan seperti ini dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah: Apa yang dimaksud dengan paragraf argumentasi dan berikan contohnya? Masih ingatkah kamu apa itu paragraf argumentasi dan contohnya? Jika kamu lupa tentang apa yang dimaksud paragraf argumentasi dan contohnya atau malah mungkin belum mendapatkan materi tersebut. Maka kamu bisa menyimak penjelasannya dalam artikel ini. Sebelum membahas tentang definisi paragraf argumentasi dan contohnya, terlebih dahulu akan kami jelaskan apa itu argumentasi. Argumentasi ialah pemberian alsan yang meyakinkan dan kuat. Nah dengan demikian bisa dijelaskan arti paragraf argumentasi dan contohnya sebagai berikut ini.
pengertian argumentasi dan contoh paragraf argumentasi

Pengertian Paragraf Argumentasi

Pengertian argumentasi adalah sebuah paragraf yang memungkinkan pendapat, contoh, alasan serta bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Tujuan paragraf argumentasi adalah untuk mempengaruhi para pembaca (orang lain) sehingga mereka memberikan suatu pendapat, sikap, serta keyakinan penulis. Untuk dapat lebih memahami tentang paragraf argumentasi, maka kita juga perlu melihat contoh paragraf argumentasi.  Berikut ini adalah contoh paragraf argumentasi.

Contoh Paragraf Argumentasi

Sebuah helikopter tidak hanya dibutuhkan ketika lalu lintas di Jakarta mengalami tingkat kemacetan yang tinggi, namun juga ketika jakarta dilanda banjir. Capten Hendro Sulistyo menegaskan, ketika banjir hebat yang melanda Jakarta tahun 2014, dirinya mendarat di jembatan layang kuningan, Jakarata selatan, untuk menyelamatkan satu keluarga dari hotel yang dilanda banjir. Setidaknya kisah ini menegaskan kembali betapa pentingnya helikopter disaat situasi genting seperti itu.

Fakta yang dapat membuktikan kalau paragraf tersebut merupakan paragraf argumentasi adalah sebagai berikut ini.
  • Sebuah helikopter tidak hanya dibutuhkan ketika lalu lintas di Jakarta mengalami tingkat kemacetan yang tinggi, namun juga ketika jakarta dilanda banjir.
  • Setidaknya kisah ini menegaskan kembali betapa pentingnya helikopter disaat situasi genting seperti itu.

Itulah penjelasan singkat dari kami tentang pengertian paragraf argumentasi dan contohnya. Semoga penjelasan singkat di blog temukan pengertian tersebut memberikan manfaat untuk kita semua.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru