Pengertian Batuan Malihan (Metamorf)

Advertisement
Pengertian batuan malihan (metamorf) – Seperti apa itu batuan malihan? Tahukah anda apa yang dimaksud batuan malihan itu? Bagi anda yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan batuan malihan. Maka anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel tentang pengertian batuan malihan atau metamorf ini. Di sini kami akan menjelaskan pengertian batuan malihan (metamorf). Mungkin diantara anda sudah ada yang tahu tentang penjelaskan pengertian batuan malihan/metamorf. Namun meskipun sudah tahu kadang yang namanya manusia kita bisa lupa tentang apa yang dimaksud dengan batuan metamorf atau malihan. Untuk itu di sini kami menuliskan artikel atau sebuah catatan yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan batuan malihan.
Pengertian Batuan Malihan (Metamorf)

Pengertian batuan malihan (metamorf)

Batuan Malihanatau Metamorf merupakan sebagian dari jenis-jenis batuan yang di bumi ini. Batuan malihan adalah batuan sedimen atau batuan beku yang sifat maupun bentuknya berubah karena mengalami peningkatan suhu dan tekanan di dalam kerak bumi (metamorfosis). Proses metamorfosis batu malihan di golongkan menjadi 3 macam yaitu metamorfosis termal, metamorfosis dinamo, metamorfosis regional. Untuk penjelasan dari 3 macam batuan malihan tersebut silahkan anda baca penjelasannya berikut ini.

Proses metamorfosis batuan metamorf

Proses terjadinya batuan malihan (metamorf) adalah digolongkan menjadi 3 metamorfisis sebagai berikut ini.
  • Metamorfosis Termal atau metamorfosis sentuh yaitu batu-batuan yang terkena sentuhan magma panas di sekitar tubuh batuan instrusive atau dapur magma. Sebagai contoh: batu gamping yang berubah menjadi batu marmer.
  • Metamorfosis Dinamo atau disebut metamorfosis tekanan yaitu batuan yang terkena tekanan berasal dari peristiwa tektonik (hanya pada bagian atas kulit bumi) sehingga akan terjadi metamorfosis. Contohnya, pada bidang patahan akan terbentuk tepung milonit atau cermin gesekan.
  • Metamorfosis Regional yaitu metamorfosis yang mengenai daerah yang begitu luas (pada kerak bumi di bagian bawah) akibat tekanan semua terbentuk yakni gneiss, filit, skis mika. Ciri batuan ini yaitu tidak berfosil dan mengkilap.

Itulah penjelasan yang bisa kami tuliskan tentang pengertian batuan malihan (metamorf). Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah informasi bagi kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru