Pengertian Gempa Bumi dan Penyebabnya

Advertisement
Pengertian gempa bumi dan penyebabnya -  Apakah kamu tahu apa yang dimaksud gempa bumi? Seperti apa definisi gempa bumi. Mungkin di antara teman-teman sudah banyak yang tahu tentang arti gempa bumi. Namun bagi teman-teman yang masih belum tahu apa itu gempa bumi dan penyebabnya. Maka dalam postingan kai ini kami akan mencoba untuk menjelaskan pengertian gempa bumi dan penyebabnya secara singkat dan jelas. Berikut ini adalah penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang pengertian gempa bumi dan penyebab terjadinya. Selain itu di sini juga kami sebutkan beberapa jenis jenis gelombang gempa bumi. Silahkan di baca sampai selesai agar bisa lebih memahami tentang gempa bumi besarta penyebab terjadinya.
Pengertian Gempa Bumi dan Penyebabnya

Pengertian Gempa Bumi dan Penyebabnya

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi pada bumi yang bermula dari adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam kulit bumi. Gempa tektonik disebabkan oleh adanya peristiwa patah dan bergesernya suatu massa batuan. Gempa vulkanik disebakan karena adanya gerakan magma yang menuju ke permukaan bumi. Gempa runtuhan atau terban merupakan gempa yang disebabkan oleh adanya runtuhan gua-gua kapur ataupun trowongan tambang.

Dari 3 jenis gampa bumi tersebut yang sering terjadi yaitu gempa tektonik, lebih dari 90%. Gempa tektonik kekuatannya besar dan meliputi wilayah yang sangat luas. Kalau gempa vulkanik biasanya terjadi ketika menjelang letusan gunung api dan hanya akan dirasakan yang berada di sekitar gunung tersebut. Untuk gempa runtuhan merupakan gempa yang paling jarang sekali terjadi dan hanya akan dirasakan di sekitar runtuhan tersebut. 

Pusat terjadinya gerakan yang terjadi di dalam kerak bumi disebut hiposentrum (fokus). Kemudian titik di permukaan bumi di atas hiposentrum itu disebut dengan episentrum. Dari episentrum, gelombang permukaan merambat ke segalah arah layaknya gelombang air kolam yang hanya terjadi apabila kita mmelempar sebuah batu ke air kolam. Menurut arah gelombangnya, arag getar gelombang gempa bisa dibedakan menjadi 3 jenis yaitu.

Jenis jenis gelombang berdasarkan arah getar gelombang
  • Gelombang Longitudinal (Gelombang Memanjang)
  • Gelombang Transversal (Gelombang Melintang)
  • Gelombang Permukaan.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian gempa bumi dan penyebabnya. Semoga apa yang kami uraikan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru