Pengertian atmosfer dan lapisan lapisan atmosfer

Pengertian atmosfer dan lapisan lapisan atmosfer – Manfaat atmosfer bagi bumi sangatlah penting karena mempunyai pengaruh terhadap cuaca dan iklim. Tahukah kamu apa itu atmosfer? Dan bisakah kamu sebutkan lapisan atmosfer? Mungkin bagi kamu yang pernah mendapat materi tentang atmosfer dalam pelajaran geografi bisa menjelaskan apa yang dimaksud atmosfer dan menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer. Namun bagi kamu yang belum pernah mmendapatkan materi tentang apa yang dimaksud dengan atmosfer akan sulit untuk memberikan definisi atmosfer atau menjelaskan tentang arti atmosfer dan menyebutkan apa saja lapisan atmosfer. Untuk itu dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang atmosfer dan lapisan atmosfer.
Pengertian atmosfer dan lapisan lapisan atmosfer

Pengertian Atmosfer

Atmosfer adalah sebuah lapisan udara yang menyelubungi bumi yang mempunyai ketebalan kurang dari 1000 km dari permukaan bumi. Atmossfer merupakan pelindung bumi dari benda-benda luar, oleh karena itu atmosfer sangatlah penting bagi kehdidupan manusia maupun yang lainnya yang berada di bumi. Atmosfer mempunyai beberapa lapisan diantaranya yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), eksosfer (dissipasisfer). Di setiap lapisan-lapisan atmosfer tersebut mempunyai letak ketinggian yang berbeda-beda dan mempunyai tugas masing-masing dalam melindungi bumi. Untuk penjelasan tentang lapisan-lapisan atmosfer silahkan baca pada pembahasan berikut ini.

Lapisan-lapisan Atmosfer

Berikut ini adalah lapisan-lapisan atmosfer beserta penjelasannya.
  • Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang mempunyai ketinggian antara 0-8 km dari permukaan bumi. Di lapisan inilah terjadinya semua peristiwa cuaca maupun iklim seperti awan, hujan, angin, dan petir. Pada lapisan ini terdapat arus konveksi udara di dekat permukaan bumi yang terpanaskan mengembang ke atas dan yang atas akan terdesak turun ke bawah. Setiap kali naik 100 m, suhu udara mengalami penurunan rata-rata 0,5 derajat celcius. Lapisan peralihan antara lapisan troposfer dan stratosfer disebut dengan lapisan tropopause.
  • Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang mempunyai ketinggian antara 8-50 km dari permukaan bumi. Di ketinggian 35-50 km merupakan lapisan ozon (o3) yang fungsinya sebagai lapisan pelindung bumi dari pancaran sinar ultraviolet yang secara berlebihan. Suhu udara pada lapisan bawah stratosfer bisa naik sampai 55 derajat celcius yang disebut sebagai lapisan isotermis. Pesawat udara yang besar terbangnya di lapisan stratosfer ini.
  • Mesosfer yaitu lapisan atmosfer yang terletak di ketinggian sekitar 50-80 km dari permukaan bumi. Di lapisan ini, semakin naik udara, maka suhu udara akan semakin turun sampai -73 derajat celcius.
  • Termosfer (Ionosfer) ialah lapisan atmosfer yang mempunyai ketinggian kurang lebih 82-800 km dari permukaan bumi. Di lapisan inilah atom-atom udara mengalami ionisasi sehingga terdapat lapisan yang dapat memantulkan gelombang radio. Dengan adanya gelombang radio inilah yang dapat membantu terjadinya komunikasi di semua permukaan bumi.
  • Eksosfer (Dissipasifer) adalah lapisan atmosfer yang terletak pada ketinggian 800 sampai ke atas hingga tidak diketahui batas luarnya dari permukaan bumi. Lapisan inilah yang merupakan lapisan terpanas atmosfer yang disebut dengan ruang antar planet. 

Itulah penjelasan tentang pengertian atmosfer dan lapisan lapisan atmosfer yang dapat kami tulisakan dalam blog temukan pengertian ini. Semoga tulisan tersebut bisa menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru