Skip to main content

Pengertian Fosil dan Fungsi Fosil

Pengertian fosil – Apakah fosil itu? Kalian mungkin pernah mendengar istilah fosil? Namun tahukah kalian apa itu fosil? Mungkin juga kalian tahu bentuk dari sebuah fosil namun belum bisa menjelaskan arti fosil atau definisi fosil secara rinci. Untuk itu dalam pembahasan kali ini kami akan mencoba menjelaskan tentang apa yang dimaksud fosil. Bagi kalian yang belum tahu yang dimaksud fosil itu seperti apa silahkan kalian simak dan pahami penjelasan dari kami ini tentang apa yang dimaksud dengan fosil. Oke langsung saja berikut ini penjelasan tentnag fosil.

Pengertian Fosil
Menu Pembahasan

Pengertian Fosil

Sebenarnya kata fosil telah lama kita dengar ketika masih duduk dibangku SMP. Fosil adalah sebuah sisa-sisa dari tumbuhan, hewan, serta bekas kerangka manusia yang telah membatu. Fosil sangat berguna bagi sejarah peradaban manusia serta seluruh kehidupan yang ada di bumi ini, hal itu dikarenakan dengan kita menemukan atau mendapatkan fosil-fosil tumbuhan, hewan serta kerangka manusia maka akan membuat kita bisa mengetahui asal-usul kehidupan di bumi ini, serta preoses terbentuknya bumi ini.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Fosil

Sebuah fosil juga mempunyai fungsi untuk memperkirakan kehidupan manusia purba, karena fosil dapat memberikan petunjuk tentang keadaan serta kehidupan manusia purba yang sering kali disebut dengan fosil pandu atau leitfosil. Di Indonesia ini banyak sekali ditemukan fosil-fosil kerangka manusia purba, yang mana kepulauan yang ada di Indonesia ini banyak dikunjungi para ahli untuk melakukan penyelidikan keadaan manusia purba. Terdapat beberapa ahli yang melakukan penelitian fosil-fosil diantaranya yaitu Oppennorth, Ter haar, Cokrohandoyo, Eugene Dubois, Rietchoten, dan Von. Dari penelitian-penelitian para ahli tersebut telah menjadi sejarah bagi peradaban manusia hingga saat ini. Demikian pula berkat penemuan-penemuan tentang fosil hewan-hewan purba juga membuat sejarah peradaban hewan yang ada di bumi ini.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang cukup singkat tentang pengertian fosil yang dapat kami tuliskan dalam blog ini. Semoga apa yang telah kami jelaskan di blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar