Pengertian Dinamisme

Advertisement
Pengertian dinamisme – Dalam sebuah kepercayaan ada yang namanya kepercayaan animisme dan dinamisema? Tahukah kamu apa itu animisme dan apa itu dinamisme? Untuk kepercayaan animisme penjelasannya silahkan baca artikel yang berjudul: Pengertian animisme. Sedangkan untuk definisi dari dinamisme akan kami bahas dalam artikel ini. Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu seperti apakah dinamisme itu, namun tentunya juga ada yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud dinamisme. Untu itulah di sini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan dinamisme agar kamu yang belum tahu bisa tahu arti dari dinamisme.
Pengertian Dinamisme

Pengertian Dinamisme

Kata dinamisme berasal dari kata dalam bahasa yunani yaitu dunamos yang artinya daya atau kekuatan. Sehingga pengertian dari kepercayaan dinamisme yaitu kepercayaan yang meyakini bahwa semua benda-benda yang ada di dunia baik itu hidup ataupun mati mempunyai daya atau kekuatan gaib. Atau dapat juga diartikan dinamisme adalah sebuah kepercayaan terhadap kekuatan gaib yang terdapat pada benda-benda tertentu, misalnya terdapat pada batu besar, pohon, gua, gunung, azimat, senjata, benda pusaka, lambang kerajaan, dan gamelan. Benda benda tersebut dipercaya bisa memberikan pengaruh yang baik dan juga pengaruh yang buruk bagi manusia.

Masyarakat yang menganut kepercayaan dinamisme menaruh rasa hormat serta memuja benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib tersebut dengan melakukan upacara pemberian sesaji atau upacara ritual tertentu. Mereka mempercayai bahwa kekuatan gaib yang terdapat dalam benda-benda seperti patung keris pohon dan lain-lain bisa memberikan pertolongan kepada mereka. Kepercayaan dinamisme merupakan kepercayaan yang telah ada sejak nenek moyang kita dan mungkin sampai sekarang masih ada yang menganut kepercayaan dinamisme.

Demikianlah sedikit penjelasan yang dapat kami berikan tentang apa itu pengertian dinamisme. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru