Skip to main content

Pengertian Fasisme, Latar Belakang, dan Ciri ciri Fasisme

Pengertian fasisme – Mungkin di antara teman-teman ada yang pernah dengar istilah fasisme. Seperti apakah fasisme itu? Sudah tahukah kamu apa itu fasisme? Nah tentunya teman-taman ada yang sudah tahu apa yang dimaksud dengan fasisme, namun ada pula yang belum tahu apa yang dimaksud fasisme. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang arti dari fasisme. Nah di sini selain kami jelaskan definisi fasisme atau arti fasisme secara umum maupun secara khusus juga kami jelaskan tentang latar belakang lahirnya paham fasisme, dan ciri ciri fasisme. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut ini agar kamu yang belum tahu bisa mengetahuinya.

Pengertian Fasisme

Pengertian Fasisme

Kata fasisme itu berasal dari kata “fascio” yang artinya kelompok politik. Dari kata itulah muncul istilah “Fascio Combattimento” yang artinya barisan tempur yang dipraktikkan pada zaman kediktatoran Mussolini di Italia tahun (1883 – 1945). Secara umum pengertian fasisme adalah sebuah sistem kediktatoran yang menempatkan negara di tangan satu orang dan melarang adanya setiap perlawanan atau oposisi. Kemudian pengertian fasisme secara khusus yaitu sistem pemerintahan diktatorial yang kemudian dikenal dengan nasionalisme ekstremnya. Salah satu jenis fasisme yang cukup dikenal yaitu Nazisme.

Atau pengertian fasisme adalah ideologi yang bergerak secara absolut dan tegas, lebih dari sistem kepemimpinan yang karismatik dan mengedepankan militerisme, sebab paham fasisme hanya menjadikan para pengikutnya sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan utama gerak fasisme tersebut. Fasisme merupakan ideologi yang mengutamakan kepentingan di atas segala-galanya, karena itulah dalam fasisme terdapat prinsip kepemimpinan dengan otoritas yang absulut, yang artinya perintah sang pemimpin harus dipenuhi dan dipatuhi tanpa adanya pengecualian apapun. Pasukan militer di dalam fasisme ini menjadi hal yang penting dan hal yang paling diutamakan bagi negara. Hal itu dikarenakan selalu berpikir kalau mereka selalu dalam keadaan yang tidak aman, mereka membayangkan kalau musuh itu ada di mana-mana bahkan berada di dalam negara mereka sendiri.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Latar Belakang Lahirnya Paham Fasisme

Latar belakang munculnya paham fasisme adalah sebagai berikut ini:

  • Fusi nasionalisme dan Sorelianisme serta pemecahan terakhir (1907 - 1914).
  • Adanya perang dunia ke I dan pendirian fasisme (1914 - 1920).
  • Adanya konsolidasi politik (1920 – 1922).
  • Adanya gelombang fasisme Internasional dan Perang Dunia ke 2 (1929 – 1945).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Fasisme

Ciri ciri fasisme adalah sebagai berikut ini:

  • Menjadikan para pengikutnya seragam.
  • Mempunyai sistem kepemimpinan yang bersifat absolut dan otoriter.
  • Tidak diperbolehkan mempunyai identitas yang beragam-ragam.
  • Gerakan militerisme lebih diutamakan, karena fasisme selalu beranggapan kalau musuh ada di mana-mana baik itu di dalam negara dan di luar negara, sehingga bagi mereka negara selalu dalam keadaan yang tidak aman.
  • Musuh dikonstruksikan dalam suatu kerangka ideologi atau konspirasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian fasisme. Semoga pengertian yang kami berikan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar