Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Advertisement
Pengertian produk domestik bruto (PDB) – Dalam dunia produksi barang dan jasa ada yang namanya produk domestik bruto. Mungkin ada diantara kamu yang sudah tahu apa itu produk domestik bruto (PDB), namun tentunya tak jarang pula yang masih asing dan belum tahu apa yang dimaksud dengan produk domestik bruto (PDB). Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan berbagi kepada kamu yang belum tahu tentang pengertian produk domestik bruto (GDP). Dalam pembahasan kali ini selain membahas tentang definisi produk domestik bruto (pdb), juga kami berikan tentang komponen-komponen produk domestik bruto, dan rumus mencari PDB.
Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Produk domestik bruto (PDB) atau yang dikenal dengan sebutan Grosir Domestik Produk (GDP) adalah jumlah produksi barang maupun jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di suatu daerah di waktu tertentu. PDB (Produk Domestik Bruto) merupakan suatu alat yang dijadikan sebagai pengukur dari pertumbuhan ekonomi yang mana alat pengukur pertumbuhan ekonomi yaitu PDB, PDB perkapita seta pendapatan per jam kerja. Dalam pertumbuhan ekonomi, sebagai alat pengukur PDB mempunyai rumus dalam mencari PDB dan PDB juga mempunyai 4 macam kompenen.

Komponen-komponen Produk Domestik Bruto

Komponen komponen dari produk domestik bruto adalah sebagai berikut ini:
  • Konsumsi rumah tangga.
  • Investasi.
  • Konsumsi pemerintah.
  • Ekspor bersih (selisih total ekspor dan impor).

Rumus Mencari PDB

Rumus mencari produk domestik bruto atau rumus untuk menghitung produk domestik bruto adalah sebagai berikut ini:

PDB = C + I + G + (X-M) 

Keterangannya:
PDB (produk domestik bruto)
C (konsumsi rumah tangga)
I (Investasi)
G (Konsumsi pemerintah)
X (Ekspor)
M (Impor)

Berdasarkan rumus tersebut, bisa dijelaskan bahwa jika konsumsi bertambah maka akan berpengaruh terhadap peningkatan PDB . Begitu pula dengan investasi, pengeluaran pemerintah serta ekspor bersih, jika mengalami peningkatan maka jumlah PDB juga akan mengalami peningkatan, hal tersebut disebabkan karena komponen-komponen tersebut berada pada satu fungsi linier. Karena itulah, setiap negara selalu melakukan upaya untuk meningkatkan konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah serta ekspor bersih. PDB secara kasar bisa dijadikan sebagai suatu ukuran kesejahteraan ekonomi suatu negara, namun ukuran tersebut tidak begitu tepat. Kenapa bisa dibilang tidak tepat, hal itu karena hanya melihat PDB, dan perhitungan tersebut mengabaikan faktor seberapa banyak jumlah penduduk yang ada.

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian produk domestik bruto (PDB). Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru