Pengertian Tulang Keras

Advertisement
Pengertian tulang keras - Tulang itu tergolong menjadi tulang rawan dan tulang keras. Jika dalam artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang pengertian tulang rawan, maka dalam artikel ini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi tulang keras. Seperti apa itu tulang keras? Bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud tulang keras, maka kamu bisa menyimak penjelasan yang kami berikan ini tentang apa yang dimaksud dengan tulang keras itu. Di sini selain menjelaskan tentang apa arti tulang keras, juga kami jelaskan tentang ciri ciri tulang keras, macam macam tulang keras, dan fungsi tulang keras. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Tulang Keras

Tulang Keras (osteon) adalah tulang yang bersifat keras dan kaku yang susunannya terdiri dari fosfor dan zat kapur. Tulang keras dapat juga disebut sebagai tulang sejati yang merupakan suatu alat gerak pasif maksudnya yaitu alat gerak yang bisa berberak apabila digerakkan oleh otot.

Proses pembentukan tulang keras, bisa terbentuk asal usulnya dari tulang rawan (Kartilago) yang mempunyai rongga yang nantinya dapat diisi oleh sel-sel pembentuk tulang atau osteoblas. Selanjutnya osteoblas akan membentuk sel-sel tulang atau osteosit, yang mana satuan osteosit akan melingkari pembuluh darah, lalu sistem syaraf membentuk sistem havers matriks yang mempunyai kandungan fosfor dan zat kapur sehingga membuat tulang menjadi keras dan terbentuklah tulang keras (osteon).

Ciri ciri Tulang Keras

Sebutkan ciri ciri tulang keras? ciri-ciri dari tulang keras adalah sebagai berikut ini:
  • Bersifat keras dan kaku.
  • Mudah patah.
  • Tersusun atas fosfor dan zat kapur.
  • Kurangnya zat perekat.
  • Susunan sel-sel tulang seperti lingkaran yang berlapis-lapis.

Macam macam Tulang Keras

Berdasarkan matriksnya tulang keras dibedakan menjadi 2 jelaskan? Berikut ini penjelasan dari macam-macam tulang keras berdasarkan matriknya.
  1. Tulang kompak adalah tulang yang matriksnya tersusun dengan rapat dan padat yang di dalamnya terkandung fosfor dan zat kapur. Tulang kompak pada osteosit (sel-sel tulangnya) tersusun membentuk sistem havers. Di bagian tengah pada tulang kompak, sebagai contoh tulang pipa di bagian tengahnya ada saluran pembuluh darah, pembuluh saraf dan limfe, yang dikelilingi sel tulang.
  2. Tulang spons adalah tulang yang matriknya berongga serta tersusun oleh anyaman trabeculae (seperti pecahan genting) yang bentuknya pipih dan di dalamnya terkandung serat kalogen. Rongga yang ada pada tulang spons terisi oleh jaringan sumsum tulang.

Fungsi Tulang Keras

Fungsi tulang keras adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk menjaga organ lunak yang berada di dalamnya
  • Sebagai tempat melekatnya otot.
  • Untuk membantu aktivitas manusia dalam kerja berat.
  • Sebagai tempat saluran pembuluh darah dan juga lemak.

Itulah penjelasan dari kami tentang apa itu pengertian tulang keras. Semoga dari penjelasan di atas yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan mfaat bagi anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru