Pengertian Tulang Rawan

Advertisement
Pengertian tulang rawan - Tulang rawan merupakan pembagian tulang berdasarkan dari jaringan penyusunannya. Lalu apa itu tulang rawan? Seperti apa yang dimaksud tulang rawan itu? Mungkin diantara kamu ada yang pernah mendapatkan pertanyaan seperti itu namun belum menemukan jawabannya. Untuk itulah di sini kami akan mengulas tentang apa yang dimaksud dengan tulang rawan. Untuk lebih memahami seperti apakah tulang rawan itu, di sini juga kami sertakan penjelasan tentang, struktur tulang rawan, jenis jenis tulang rawan dan ciri ciri tulang rawan.Silahkan simak penjelasan selengkapnya tentang definisi tulang rawan atau arti tulang rawan sebagai berikut ini.
Pengertian Tulang Rawan

Pengertian Tulang Rawan

Tulang rawan adalah sebuah jaringan ikat di mana tulang yang bersifat lentur dan liat karena adanya zat-zat antar sel tulang yang banyak mengandung zat perekat dan juga zat kapur. Zat kapur perekat tulang yaitu sejenis protein yang disebut dengan kolagen. Sesudah dewasa tulang rawan berganti menjadi tulang keras, namun tidak semuanya tulang rawan akan berubah menjadi tulang keras. Pada orang dewasa tulang rawan terdapat pada hidung, telinga, ujung-ujung tulang keras, dan sendi atau tempat sambungan antar tulang.

Struktur Tulang Rawan

Kartilago atau tulang rawan merupakan suatu jaringan ikat yang menyusun sistem gerak jaringan tulang rawan yang tersusun dari sel-sel tulang rawan. Pada sel-sel tulang rawan, kemudian mengeluarkan matriks yang dikenal dengan kondrin. Matriks dapat membuat tulang rawan yang bersifat lentur, kuat serta licin. Tulang-tulang rusuk penyusun rongga dada dapat bergerak dengan bebas mengikuti pemekaran paru-paru saat bernapas itu karena kelenturan tulang rawan pada tulang-tulang rusuk.

Ciri ciri Tulang Rawan

Terdapat ciri ciri tulang rawan, di antaranya adalah sebagai berikut ini:
  • Mempunyai bentuk khusus jaringan ikat dengan fungsi utama yaitu menyokong jaringan lunak.
  • Terdiri dari sel-sel (kondosit dan kondroblas) serta matriks (serat dan substansi dasar).
  • Tulang rawan mempunyai kekuatan renggang, pnyokong yang struktural, dan dapat memungkinkan fleksibilitas tanpa distorsi.
  • Matriksnya mengandung serat elastin atau serat kolagen yang memberikan kelenturan serta kekuatan.
Pengertian Tulang Rawan

Jenis-jenis Tulang Rawan

Terdapat 3 jenis tulang rawan yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastis dan tulang rawan fibrokartilago. Untuk penjelasannya silahkan simak sebagai berikut ini.
  1. Tulang Rawan Hialin yaitu suatu bentuk umum yang terdapat dalam tubuh manusia, tulang rawan saat masa embrio serta saat dewasa. Tulang rawan saat masa embrio yaitu sebagai suatu bentuk kerangka bagi kebanyakan tulang yang dibentuk melalui osifikasi endokondral. Tulang rawan saat masa dewasa yaitu sebagai bentuk tulang rawan yang telah menjadi tulang keras, kecuali pada hidung, ujung iga, permukaan sendi, brongkus, dan trachea.
  2. Tulang Rawan Elastis yaitu tulang rawan yang bersifat lentur di mana matriksnya ada serat elastis yang bercabang-cabang. Tulang rawan elastis terdapat pada larings, epiglotis, auricular (telinga bagian luar), dan eustachii (dinding tuba auditiva).
  3. Tulang Rawan Fibrokartilago yaitu tulang yang mengandung banyak serat kalogen yang padat pada matriksnya yang tak terstruktur sehingga akan lebih kuat dan kaku. Untuk tulang rawan fibrokartilago ini terdapat di antar ruas tulang belakang.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan dalam artikel yang berjudul pengertian tulang rawan. Semoga uraian dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru