Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Otot Lurik

Pengertian dan fungsi otot lurik – Seperti yang telah kita ketahui bahwa otot terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung. Jika sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian otot polos, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang pengertian otot lurik dan fungsinya. Tahukah kamu apa itu otot lurik? Bisakah kamu menjelaskan yang dimaksud otot lurik? Jika kamu belum tahu seperti apakah otot lurik itu, maka kamu bisa menemukan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan otot lurik dan fungsinya di sini. Di sini selain menjelaskan tentang definisi otot lurik atau arti otot lurik dan fungsi otot lurik, juga kami berikan penjelasan tentang ciri ciri otot lurik. Berikut ini penjelasannya silahkan dibaca dan dipahami.
Pengertian dan Fungsi Otot Lurik

Pengertian Otot Lurik

Pengertian otot lurik adalah otot yang menempel pada tubuh yang dapat digerakan atas kemauan atau kehendak kita, sehingga otot ini disebut juga sebagai otot motorik. Otot lurik juga disebut otot rangka hal itu karena dilihat dari pengertian otot lurik yaitu otot yang menempel pada rangka. Otot lurik dapat bekerja keras dan kuat, hal itu karena mempunyai banyak inti sel, namun otot lurik mudah lelah dan itu artinya otot lurik membutuhkan istirahat, setelah bekerja. Asal mula dinamakannya otot lurik ialah otot lurik menunjukkan bagian aktin (gelap) dan terang yang silih berganti apabila diamati dengan menggunakan mikroskop.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Otot Lurik

Supaya kita bisa membedakan antara otot lurik daan otot yang lainnya, maka kita perlu mengetahui ciri-ciri otot lurik. Ciri-ciri otot lurik adalah sebagai berikut ini.
  • Melekat pada rangka tubuh manusia dan hewan.
  • Umumnya otot lurik mempunyai diameter 50 mikron dengan panjang hingga 2,5 cm.
  • Dapat bekerja dengan cepat dan keras namun mudah lelah.
  • Membutuhkan istirahat.
  • Mempunyai ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang tersusun dengan rapi.
  • Otot lurik bergerak dibawah kesadaran (Volunter).
  • Bentuk otot lurik berbentuk silindris, panjang dan mempunyai banyak inti sel (multinuklei).
  • Inti sel terletak di tepi (perifer)
  • Cepat dalam berkontraksi atau berkerut.
  • Otot lurik terdapat pada otot dada, otot paha, otot betis dan pada seluruh rangka tubuh manusia.
Pengertian dan Fungsi Otot Lurik
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Otot Lurik

Fungsi otot lurik bagi tubuh adalah untuk menggerakkan rangka tubuh manusia atau hewan, sehingga dapat bergerak sesuai dengan kehendak. Otot lurik juga berfungsi membantu dalam bekerja keras dan cepat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah informasi yang dapat kami tuliskan tentang pengertian dan fungsi otot lurik. Mudah-mudahan apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini, bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar