Skip to main content

Pengertian Otot Polos dan Ciri cirinya

Pengertian otot polos dan ciri cirinya – Otot pada tubuh ada yang namanya otot polos, nah apa yang dimaksud otot polos? Sudahkah kamu tahu tentang apa yang dimaksud dengan otot polos? Nah bagi kamu pastinya ada yang sudah tahu apa itu otot polos, namun bagi yang belum tahu definisi otot polos, bisa menyimak penjelasan yang kami berikan di sini tentang arti otot polos atau pengertian otot polos. Di sini selain menjelaskan pengertian dari otot polos juga kami berikan penjelasan tentang cara kerja otot polos, jenis jenis otot polos atau macam macam otot polos beserta ciri ciri otot polos. Sekarang simaklah penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Otot Polos dan Ciri cirinya

Pengertian Otot Polos

Pengertian dari otot polos adalah otot yang digolongkan ke dalam kategori otot refleks atau otot tak sadar. Otot polos merupakan otot yang jaringannya terbentuk oleh sel-sel otot . Bentuk otot polos menyerupai gelondong, yang mana kedua ujungnya meruncing dan pada bagian tengahnya menggelembung. Otot polos membentuk lapisan-lapisan pada alat-alat dalam tubuh, contohnya, pembuluh darah, dinding usus, dinding rahim, dan saluran kelamin. Karena itulah otot polos disebut dengan otot alat-alat dalam.

Cara kerja otot polos

Cara kerja otot polos tidak menurut perintah dari otak, namun terjadi di luar kesadaran otak. Karena itulah otot polos disebut dengan otot tak sadar atau disebut otonom.
Pengertian Otot Polos dan Ciri cirinya

Jenis jenis Otot Polos

Sebutkan macam macam otot polos? Macam macam otot polos dikelompokan menjadi 2 yaitu otot polos unit ganda (multi unit) dan otot polos unit tunggal (single unit). Berikut ini adalah penjelasan dari 2 jenis otot polos tersebut.
  1. Otot polos unit ganda (multi unit) adalah otot yang terdiri dari serabut yang berlainan dan setiap dari serabut-serabut tersebut bekerja secara tersendiri tanpa saling membantu dengan serabut-serabut pada otot polos yang lain. Contoh otot polos unit ganda yaitu pada siliaris mata, otot piloerektor yang mana otot ini menyebabkan rambut berdiri karena adanya rangsangan simpatis.
  2. Otot polos unit tunggal (single unit).Otot polos unit tunggal adalah otot yang mempunyai ratusan hingga jutaan serabut yang saling melakukan kontraksi dan membrane selnya melekat satu dengan yang lainnya di tempat yang berlainan akibatnya mempermudah serabut bisa disebarkan ke serabut yang lain.
Pengertian Otot Polos dan Ciri cirinya

Ciri ciri Otot Polos

Ciri ciri otot polos adalah sebagai berikut ini:
  • Otot polos berbentuk seperti gelondong.
  • Meruncing di kedua ujungnya dan di bagian tengahnya menggelembung.
  • Tiap sel otot polos mempunyai satu inti sel yang letaknya di tengah.
  • Otot polos adalah otot otonom (otot tak sadar).
  • Waktu kontraksi pada tot polos yaitu 3 hingga 180 detik.
  • Otot polos biasanya terdapat di bagian usus, otot saluran kemih, saluran peredaran darah, pembuluh darah dan lain-lain.
  • Otot polos tidak mempunyai garis melintang seperti yang terdapat pada otot lurik.
  • Otot polos berkontraksi dengan refleks hal itu dikarenakan otot polos adalah otot tak sadar atau otonom.
  • Otot polos mempunyai reaksi yang lambat serta tak mudah lelah, dan secara terus menerus bekerja meskipun kita telah tidur.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang apa itu pengertian otot polos dan ciri cirinya. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar