Pengertian Pasar Modal dan Fungsi Pasar Modal

Advertisement
Pengertian pasar modal dan fungsi pasar modal – Berbicara tentang perekonomian ada yang namanya pasar modal. Nah apa itu pasar modal? Dan apa fungsi pasar modal? Bisakah kamu menjelaskan pengertian pasar modal dan fungsi pasar modal? Tentunya bagi kamu yang masih awam dengan istilah tersebut akan kesulitan untuk mendefinisikan arti pasar modal. Maka dari itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud pasar modal, agar kamu yang belum tahu seperti apakah pasar modal itu, bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar modal. Di sini selain kami jelaskan definisi pasar modal dan fungsinya juga kami berikan penjelasan tentang peran pasar modal dalam perekonomian nasional.
Pengertian Pasar Modal dan Fungsi Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal adalah pasar yang mempertemukan pihak yang kelebihan/ menawarkan dana (the lender) daengan pihak yang membutuhkan/ memerlukan dana (the borrower). Pengertian lain dari capital market atau pasar modal yaitu pasar untuk perdagangan dana jangka panjang dalam bentuk saham atau obligasi. Dalam pasar modal, dana yang ditawarkan yaitu dana dalam bentuk surat berharga atau efek/ sekuritas yang mempunyai jatuh tempo lebih dari setahun. Karena itulah pasar modal bisa disebut sebagai bursa efek. Bursa efek yaitu pasar tempat bertemunya antara penjual dan pembelih surat-surat berharga/ efek.

Fungsi Pasar Modal

Ada beberapa hal yang harus dicapai dalam pasar modal yang bisa di lihat dari fungsi-fungsi pasar modal. Fungsi dari pasar modal adalah seperti ada yang ada di bawah ini.
  • Untuk menciptakan harga yang wajar bagi sekuritas yang berkaitan dengan melalui mekanisme penawaran dan permintaan.
  • Dapat menciptakan pasar secara kontinyu atau terus menerus bagi sekuritas yang sudah ditawarkan kepadanya masyarakat (sekuritas yang sudah dimiliki oleh umum).
  • Sebagai sumber dana yang jangka panjang.
  • Membantu dalam pembelanjaan dunia usaha.
  • Untuk sarana dalam menciptakan tenaga kerja, karena bisa mendorong dan mengembangkan industri dalam penciptaan lapangan pekerjaan yang baru.
  • Sebagai sarana untuk melakukan divestasi.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi, adanya tambahan modal yang berasal dari pasar modal bisa membuat produktivitas perusahaan menjadi lebih meningkat.
  • Untuk menambah dan memperbesar pemasukan pajak dari pemerintah.
  • Bisa dijadikan sebagai indikator perekonomian suatu negara.

Peran Pasar Modal Dalam Perekonomian Nasional

Jelaskan peran pasar modal dalam perekonomian nasional? peranan pasar modal dalam perekonomian nasional adalah sebagai berikut ini.
  • Sebagai lembaga perantara (intermediasi) keuangan selain bank.
  • Bisa memungkinkan para pemodal dalam berpartisipasi pada kegiatan bisnis yang menguntungkan (berinvestasi).
  • Dapat memungkinkan kegiatan bisnis memperoleh dana dari pihak lain dalam rangka memperluas usaha (ekspansi).
  • Bisa memungkinkan kegiatan bisnis untuk memisahkan antara operasi bisnis dan ekonomi dari kegiatan keuangan.
  • Dapat memungkinkan para pemegang surat berharga mendapatkan likuiditas dengan cara menjual surat berharga yang dimilikinya kepada pihak lain.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian pasar modal dan fungsi pasar modal. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru