Skip to main content

Pengertian Jenis dan Fungsi Protein

Pengertian jenis dan fungsi protein - Protein merupakan suatu zat yang bermanfaat untuk tubuh kita, namun tahukah kamu apa itu protein? Mungkin diantara kamu ada yang sudah mengerti tentang apa yang dimaksud protein, tetapi ada juga kan yang masih belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan protein. Untuk itulah agar yang belum tahu bisa tahu apakah protein itu. Maka pada pembahasan kali ini kami akan menguraikan tentang definisi protein atau arti protein. Selain menjelasakan tentang pengertian protein, juga kami sertakan penjelasan tentang jenis jenis protein dan juga fungsi protein. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.
Pengertian Jenis dan Fungsi Protein

Pengertian Protein

Pengertian protein adalah suatu senyawa kimia yang di dalamnya terkandung unsur karbon (C), hidrogen (H), Oksigen (O), Nitrogen (N), dan terkadang ada fosfor (P) dan belerang (s). Protein merupakan lahan pembangun tubuh yang dapat membentuk sel-sel baru dan melakukan perbaikan pada sel-sel yang rusak. Bagi orang dewasa kebutuhan protein setiap harinya yaitu satu gram protein untuk setiap kilogram berat badan. Bagi ibu hamil, anak-anak dan orang yang baru sembuh dari sakit memerlukan protein yang lebih banyak.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Protein

Jenis-jenis atau macam macam protein dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

1. Jenis Protein Berdasarkan Fungsinya

Penggolongan jenis protein berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:
  • Protein sempurna adalah protein yang di dalamnya terdapat kandungan asam amino yang lengkap. Contoh protein sempurna yaitu albumin pada putih telur dan kasein pada susu. Pada umumnya protein sempurna terdapat pada protein hewan.
  • Protein kurang sempurna adalah protein yang asam aminonya lengkap, namun jumlah dari beberapa asam amino sedikit. Protein kurang sempurna tidak dapat mencukupi pertumbuhan, namun protein kurang sempurna bisa untuk mempertahankan jaringan yang sudah ada. Contoh protein kurang sempurna yaitu giladin yang terdapat pada gandum dan lagumin yang terdapat pada kacang-kacangan.
  • Protein tidak sempurna adalah protein yang kurang atau tidak mempunyai asam amino esensial. Protein yang tidak sempurna tidak dapat mencukupi pertumbuhan dan mempertahankan jaringan yang sebelumnya sudah ada. Contoh protein tidak sempurna yaitu zein yang terdapat pada jagung, serta beberapa protein yang terdapat padda tumbuhan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Jenis Protein Berdasarkan Komponen Penyusunnya

Penggolongan jenis protein berdasarkan komponen penyusunnya adalah sebagai berikut:
  • Simple protein atau Protein sederhana adalah protein yang berasal dari hasil hidrolisa, total protein ini yaitu campuran dari berbagai macam asam amino.
  • Complex protein atau protein kompleks adalah protein yang berasal dari hidrolisa, total protein jenis ini terdiri atas bermacam-macam asam amino, selain itu juga ada komponen-komponen lainnya seperti gugusan phospat, unsur logam dan lain-lain. Contoh protein kompleks yaitu glikoprotein, lipoprotein, hemoglobin dan lain-lain.
  • Protein derivative atau protein derivat adalah protein yang termasuk ikatan antara (intermediate product) yang merupakan hasil dari hidrolisa parsial yang asalnya dari protein native. Contoh protein derivat adalah peptone, albumosa dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Jenis Protein Berdasarkan Sumber

Penggolongan jenis protein berdasarkan sumbernya adalah sebagai berikut:
  • Protein nabati adalah protein yang berasal dari dari tumbuh-tumbuhan. Contoh sumber protein nabati adalah tempe, tahu, kacang-kacangan dan kedelai.
  • Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan. Contoh protein hewani adalah telur,keju, ikan, susu dan daging.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Protein

Pada umumnya fungsi protein bagi tubuh adalah sebagai zat pembangun dan pelindung tubuh, penyokong organ tubuh dalam berbagai aktivitas, pendorong metabolisme, tidak hanya itu saja tetapi ada banyak diantaranya yaitu sebagai ini.
  • Protein merupakan sumber karbohidrat.
  • Membantu serta mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan struktur atau susunan tubuh dari sel, jaringan sampai ke dalam organ-organ tubuh.
  • Protein berfungsi sebagai penyedia energi bagi tubuh.
  • Protein membantu tubuh melawan, menghancurkan serta menetralkan zat-zat asing atau yang berasal dari luar tubuh yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menjaga dan memelihara keseimbangan asam basa dan cairan dalam tubuh karena protein berfungsi sebagai penahan atau buffer.
  • Protein berfungsi sebagai asupan diet dan rendah gula.
  • Protein berfungsi sebagai biokatalisator.
  • Protein untuk mengatur serta menjalankan metabolisme tubuh karena protein sebagai enzim itu artinya protein mengaktifkan dan masuk ke dalam reaksi kimia.
  • Protein adalah bahan dalam sintesis substansi penting sama halnya dengan enzim, hormon, kromosom dan antibodi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian jenis dan fungsi protein. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar