Skip to main content

Pengertian Hadas dan Macam-macam Hadas

Pengertian hadas dan macam-macam hadas – Mungkin kamu sering mendengar istilah hadas dalam kehidupan sehari-hari, namun sudah tahukah kamu apa itu hadas, seperti apakah hadats itu? Bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud hadas, maka pada pembahasan ini kamu bisa belajar tentang apa yang dimaksud dengan hadats itu. Di sini akan kami uraikan definisi hadas atau arti dari hadas, selain itu juga kami berikan penjelasan tentang macam-macam hadas dan cara mensucikannya. Sekarang simaklah penjelasannya berikut ini dan pahamilah dengan baik.
Pengertian Hadas dan Macam-macam Hadas

Pengertian Hadas

Pengertian hadas adalah keluarnya sesuatu benda dari kubul dan dubur. Hadas merupakaan keadaan diri seseorang muslim yang dapat menyebabkan dirinya tidak suci dan tidak sah untuk mengerjakan sholat. Karena itulah jika diri seseorang sedang mengalami hadas, perlu mensucikan diri. Hadast termasuk bagian dari tahrah (bersuci) yang mana tahrah tersebut terbagi menjadi 2 yaitu najis dan hadas. Untuk penjelasan tentang najis, silahkan baca artikel tentang: Pengertian Najis dan Macam-macam Najis.

Macam-macam Hadas

Sebutkan macam macam hadas dan jelaskan cara mensucikannya? Macam-macam hadas dan cara mensucikannya adalah sebagai berikut ini
  • Hadas kecil adalah hadas yang mencakup keluarnya sesuatu dari 2 jalan yaitu dubur dan kubul), hilangnya kesadaran karena pingsan atau mabuk, tidur nyenyak kecuali tidurnya sambil dengan duduk, menyentuh kemaluan dan dubur dengan menggunakan telapak tangan. Hadas kecil dapat disucikan dengan cara berwudhu atau dengan tayamum.
  • Hadas besar adalah hadas yang terdiri dari keluarnya air mani, menstruasi (haid), nifas (keluarnya darah setelah bersalin), dan wiladah (melahirkan). Cara mensucikan hadas besar adalah dengna cara mandi besar (janabat).

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian hadas dan macam-macam hadas. Semoga penjelasan pada blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar