Pengertian Mandi Wajib dan Tata Caranya

Advertisement
Pengertian mandi wajib dan tata caranya – Mandi wajib pada umumnya dilakukan oleh seseorang ketika telah menginjak masa puberitas. Mandi wajib dilakukan untuk mensucikan diri dari hadas besar. Apa itu mandi wajib? Bagi kamu yang akan menginjak masa puberitas, ada baiknya mengetahui seperti apakah mandi wajib itu, karena jika tidak mengetahui syarat dan tata cara mandi wajib, maka shola bisa tidak diterima. Untuk itulah kita di sini akan jelaskan apa yang dimaksud dengan mandi wajib agar nantinya kamu yang belum tahu bisa mengetahui seperti apakah yang dimaksud mandi wajib itu. Di sini akan kami jelaskan arti dari mandi wajib atau definisi mandi wajib. Tak hanya itu saja di sini juga kami jelaskan tentang, fungsi mandi wajib, syarat sah mandi wajib, tata cara mandi wajib, hal yang disunnahkan saat mandi wajib dan larangan ketika mempunyai hadas besar.
Pengertian Mandi Wajib dan Tata Caranya

Pengertian Mandi Wajib

Mandi wajib atau mandi besar (Al-gusl) adalah menyiramkan atau menuangkan air yang suci ke seluruh badan secara merata dengan berniat di dalam hati. Atau pengertian mandi wajib adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu dengan tujuan untuk menghilangkan hadas besar.

Fungsi Mandi Wajib

Fungsi atau manfaat mandi wajib yaitu untuk menghilangkan hadas besar yang disebabkan karena bersetubuh, keluar mani, haid (datang bulan), nifas (perdarahan sesudah melahirkan), Wiladah (melahirkan anak), Meninggal.

Syarat Sah Mandi Wajib

Syarat sah mandi wajib adalah terletak pada niatnya, karena niat merupakan sebagai pembeda mandi biasa dengan mandi wajib.

Tata Cara Mandi Wajib

Tata cara mandi wajib adalah sebagai berikut ini:
  • Niat mandi karena Allah SWT.
  • Menyiramkan atau meratakan air ke seluruh tubuh, jika ada najis hendaknya dihilangkan terlebih dahulu najisnya.

Hal yang Disunnahkan Saat Mandi Wajib

Hal-hal yang disunahkan ketika mandi wajib yaitu menghadap ke kiblat, membaca basmalah, membasuh kedua tangan sebelum mandi, menghilangkan kotoran yang melekat pada badan, mendahulukan anggota badan yang kanan daripada yang kiri, dan menggosok badan dengan menggunakan tangan.

Larangan Ketika Mempunyai Hadas Besar

Larangan orang yang mempunyai hadas besar diantaranya yaitu: Sholat fardhu maupun sholat sunnah, memegang/ menyentuh kitab Al-Qur’an, Membaca Al-Qur’an, berada di dalam masjid berkhotbah dan tawaf.

Demikian penjelasan mengenai pengertian mandi wajib dan tata caranya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru