Skip to main content

Pengertian Otot Jantung dan Fungsinya Serta Ciri-cirinya

Pengertian otot jantung dan fungsinya - Tentunya kamu pernah dengar tentang apa saja macam-macam otot pada manusia. Otot-otot pada manusia yaitu ada otot polos, otot lurik dan otot jantung. Nah yang akan kami bahas di sini yaitu tentang apa itu otot jantung. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan otot jantung? Bisakah kamu menjelaskan yang dimaksud otot jantung? Dan apa fungsi otot jantung? Jika kamu belum tahu, maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi otot jantung atau arti otot jantung. Di sini selain menjelaskan tentang pengertian otot jantung beserta fungsinya juga kami jelaskan tentang ciri otot jantung. Langsung saja, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Otot Jantung dan Fungsinya

Pengertian Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang menjadi penyusun dinding jantung yang meliputi dari sel-sel cardiomycocyte atau sel otot myocardiocyteal yang jumlahnya satu atau dua, namun ada pula yang berjumlah 3 ataupun 4 inti sel itupun sangat jarang sekali terjadi. Otot jantung disebut sebagai myocardium, myo berarti otot dan cardium berarti jantung. Otot jantung merupakan otot yang bergerak di bawah kesadaran yang tidak dipengaruhi oleh perintah otak ataupun saraf pusat. Otot jantung merupakan gabungan dari otot polos dan otot lurik, kenap begitu? Karena otot jantung mempunyai kesamaan-kesamaan, diantaranya yaitu otot jantung mempunyai daerah gelap dan terang, mempunyai banyak inti sel yang letaknya berada di tengah seperti otot lurik, sedangkan untuk otot polos mempunyai kesamaan sifat seperti bergerak secara involunter. Otot ini bekerja tanpa lelah, tanpa ada isirahat yang membuat dara akan terus mengalir, itu artinya manusia tetap hidup, dan apabila berhenti maka akan membuat manusia meninggal. Otot jantung bisa terus bekerja tanpa istirahat itu karena memiliki sejumlah mitokondria, mioglobin dan juga suplai darah sehingga bisa memungkinkan terjadinya metabolisme aerobik secara terus menerus dan adanya suplai nutrisi dan oksigen.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Otot Jantung

Otot jantung terletak di daerah yang sangat penting atau vital bagi tubuh karena merupakan kunci nyawa manusia, karena itulah otot jantung mempunyai fungsi-fungsi penting bagi tubuh. Fungsi otot jantung adalah sebagai berikut.

  • Untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Sel-sel pada jantung dapat membantu dalam kontraksi sel lainnya.
  • Untuk membersihkan tubuh dari hasil metabolisme atau karbondioksida.
  • Untuk menunjang kerja organ jantung.
  • Untuk meremas darah sehingga darah bisa keluar dari jantung ketika berkontraksi dan mengambil darah pada relaksasi.
  • Otot jantung menyediakan cara pemompaan ventrikel pada jantung.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Otot Jantung

Supaya lebih mudah dalam membedakan antara otot jantung dengan otot yang lain, maka kita perlu ciri-ciri otot jantung itu seperti apa. Ciri-ciri otot jantung adalah sebagai berikut ini.

  • Memiliki inti sel yang terletak di tengah.
  • Bentuknya memanjang.
  • Serabut jantung mempunyai panjang 50 hingga 100 um, dengan diameter kurang lebih 14 um.
  • Cara kerja otot jantung berada di luar kesadaran dan tidak dipengaruhi oleh otak maupun saraf pusat.
  • Serabut yang terdapat pada otot jantung yaitu berupa sarkolema dan terdiri dari myofibril-myofibril yang tampak berdampingan.
  • Jumlah serabut otot jantung berkisar diantara 1500 filamen.
  • Bekerja secara terus menerus tanpa istirahat.
  • Otot jantung terdiri dari 1 dan 2 inti sel, namun bisa juga berjumlah 3 dan 4 itupun jarang.
  • Berbentuk silindris bercabang dan menyatu.
  • Otot jantung dipengaruhi oleh saraf otonom yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik.
  • Memiliki diskus interkalaris, yaitu pembatas antar sarkomer.
  • Mempunyai serabut yang bercabang-cabang.
Pengertian Otot Jantung dan Fungsinya
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian otot jantung dan fungsinya. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar