Skip to main content

Pengertian Najis dan Macam-macam Najis

Pengertian najis dan macam-macam najis – Seperti apakah najis itu? Najis umumnya adalah sesuatu hal yang kotor. Nah bagaimana sih definisi najis itu, tahukah kamu apa itu najis? Bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud najis, kamu bisa menyimak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan najis di sini. Najis itu ada banyak macamnya, untuk itu di sini selain kami terangkan tentang arti dari najis juga kami terangkan pula tentang macam-macamnya dan cara membersihkannya. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian najis macam-macam najis dan cara mensucikannya, silahkan disimak.
Pengertian Najis dan Macam-macam Najis

Pengertian Najis

Pengertian najis adalah suatu kotoran atau yang dipandang kotor, baik itu berbentuk padat, cair dan sebagainya yang setiap orang Islam diwajibkan untuk membersihkan diri dari padanya, seperti pada pakaian, tempat untuk sholat dan peralatan-peralatan.

Macam macam Najis

Najis itu ada bermacam-macam jenisnya, dan begitu pula dengan caa membersihkannya tergantung dari jenis najisnya. Berikut ini adalah macam macam najis dan cara membersihkannya.
  • Najis Mukhafafah (Najis ringan). Najis mukhaffafah adalah najis yang berasal dari air kencing bayi yang sebelum memakan makanan selain air susu ibunya. cara mensucikan najis mukhaffafah adalah dengan menyiram atau memercikkan air ke bagian benda yang terkena air kencing tersebut tanpa perlu dibasahi seluruhnya.
  • Najis Mutawasitah (najis sedang). Najis mutawasitah adalah najis yang berasal dari air kencing (selain yang disebutkan dalam najis mukhafafah), kotoran manusia, kotoran binatang, darah, nanah, bangkai, muntahan, liur dan lain-lain. Cara menyucikan najis mutawasitah yaitu dengan cara menghilangkan atau membersihkan najis sehingga bau, warna dan rasa menjadi hilang.
  • Najis mughallazah (najis berat). Najis mughallazah adalah najis yang berasal dari air liur, kotoran dan apapun yang keluar dari babi dan anjing. cara menyucikan najis mughallazah adalah dengan cara menyiram 7 kali pada bagian yang terkena najis. Hendaknya air yang pertama dicampur dengan tanah atau debu.

Itulah sedikit penjelasan dari kami tentang pengertian najis dan macam-macam najis, semoga apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar