Skip to main content

Pengertian Mineral dan Fungsi Mineral Bagi Tubuh

Pengertian mineral dan fungsi mineral – Sering dengar kata mineral? Tentunya ya, mineral merupakan sesuatu yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Tapi tahukah kamu seperti apa itu mineral? Bisakah kamu menjelaskan seperti apakah mineral itu? Bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud mineral, maka di sini kamu bisa mempelajari tentang apa yang dimaksud dengan mineral. Karena pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang definisi dari mineral atau arti dari mineral beserta fungsi mineral. Oke langsung saja simak penjelasan tentang pengertian mineral dan fungsinya sebagai berikut ini.

Pengertian Mineral dan Fungsi Mineral

Pengertian Mineral

Pengertian mineral adalah sebuah zat yang terdpat di alam dengan kandungan kimia homogen dengan bentuk yang teratur (sistem kristal) yang terbentuk melalui proses anorganik atau secara alimiah. Mineral mempunyai struktur kristal karena memiliki sifat-sifat kimia dan fisika yang penempatan atom-atom beraturan berada di bagian dalamnya. Mineral merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh manusia untuk mendukung proses tumbuh dan berkembang dalam jumlah yang sedikit atau kecil. Mineral mempunyai komposisi unsur murni dan garam sederhana yang sangat kompleks dengan berbagai macam bentuk yang terkadang hingga ribuan bentuk.

Dalam mendefinisikan tentang arti mineral itu ada banyak, kenapa begitu? Karena tergantung dari mana kita memandang pengertian mineral tersebut, apakah dari ilmu geologi ataukah dari ilmu farmasi. Pengertian mineral menurut geologi yaitu zat atau benda yang terbentuk melalui proses dari alam yang biasanya bersifat padat dan tersusun dari kandungan-kandungan kimia dan sifat-sifat tertentu. Ilmu yang mempelajari tentang mineral yaitu miteralogi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Mineral bagi Tubuh

Untuk melihat apa saja manfaat manfaat mineral, kita bisa mengacu pada fungsi mineral bagi tubuh adalah sebagai berikut ini.

  • Untuk membantu serta membina kesehatan otot, saraf, dan jantung.
  • Untuk mengatur tekanan osmotik yang ada dalam tubuh.
  • Membuat dan menghasilkan berbagai macam enzim.
  • Mineral berfungsi untuk mengeraskan, mengendalikan dan memelihara tulang dan proses feal dalam tubuh.
  • Mineral sebagai katalis terhadap seluruh proses biokimia dalam tubuh.
  • Sebagai kontraksi otot dan respon saraf.
  • Sebagai pembentuk struktur, jaringan lunak dan keras, serta dalam kerja sistem enzim.
  • Membantu dan menolong dalam pembentukan antibodi.
  • Menjaga serta mengatur keseimbangan air dan asam basa dalam darah.
  • Berfungsi untuk penyusun krangka tubuh, gigi dan otot.
  • Mineral sebagai aktivator pada peranan hormon dan enzim.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian mineral dan fungsi mineral. Semoga apa yang sudah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar