Skip to main content

Pengertian Penyerbukan dan Macam macam Penyerbukan

Pengertian penyerbukan dan macam macam penyerbukan - Berbiicara tentang tumbuhan khususnya pada bunga, ada yang namanya penyerbukan yang berfungsi dalam proses perkembangbiakan. Tahukah kamu apa yang dimaksud penyerbukan? Diantara kamu mungkin ada yang sudah tahu seperti apa yang dimaksud dengan penyerbukan. Tetapi untuk kamu yang belum pernah tahu seperti apa penyerbukan itu? Maka pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang apa itu penyerbukan. Disini selain menjelaskan tentang arti dari penyerbukan juga kami jelaskan tentang fungsi penyerbukan dan juga macam macam penyerbukan untuk menambah pengetahuan kita tentang arti penyerbukan pada tumbuhan. Langsung saja silahkan simak penjelasannya di sini.
Pengertian Penyerbukan dan Macam macam Penyerbukan

Pengertian Penyerbukan

Apakah penyerbukan itu? jelaskan definisi dari penyerbukan? definisi penyerbukan adalah sebuah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan disebut juga dengan persarian. Kepala putik ada yang berbulu halus dan ada juga yang berlendir.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Penyerbukan

Apa fungsi penyerbukan bagi tumbuhan berbunga? Fungsi penyerbukan pada tumbuhan berbunga adalah sangat memberikan manfaat dalam bentuk kemudahan, yaitu memudahkan serbuk sari melekat pada kepala putik. Pada jenis-jenis atau macam-macam penyerbukan, dikelompokan menjadi 2 kelompok yaitu macam-macam penyerbukan berdasarkan perantara dan berdasarkan dari asal serbuk sari, penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Penyerbukan

Sebutkan macam macam penyerbukan dan jelaskan? Macam macam penyerbukan adalah sebagai berikut:

1. Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Jenis Perantaranya
Sebutkan macam macam penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya? Penjelaskan macam-macam penyerbukan berdasarkan jenis perantaranya adalah sebagai berikut ini.
  • Penyerbukan oleh angin, bunga yang disebukkan oleh angin memiliki ciri-ciri serperti ini: bunga tidak berwarna dan tidak memiliki kelenjar madu. Serbuk sari jumlahnya ada banyak , dan serbuk sari mempunyai berat yang ringan yang membuatnya mudah diterbangkan oleh angin. Kepala sari besar serta tangkai sari panjang dan bergoyang kalau tertiup oleh angin. Putiknya terentang keluar, panjang serta berbulu. Contoh tumbuhan penyerbukan oleh angin adalah bunga, rumput, jagung dan kelapa.
  • Penyerbukan oleh hewan, hewan yang biasa berperan untuk perantara penyerbukan yaitu jenis serangga, misalkan lebah dan kupu-kupu. Selain hewan jenis serangga, hewan lain yang berperan untuk perantara penyerbukan yaitu burung, kelelawar, dan siput. Ciri ciri penyerbukan oleh hewan pada bunga yaitu bunga yang berwarna-warna sebagai daya tarik, memiliki kelenjar madu, berbau harum, serbuk sarinya berlendir sehingga bisa melekat pada tubuh hewan, putik tersembunyi dan berlendir. Proses terjadinya penyerbukan oleh hewan serangga yaitu pada saat lebah, kupu kupu ataupun kumbang datang dan menghisap madu, kemudian serbuk sari akan menempel pada tubuhnya, lalu pada saat serangga tersebut menghinggapi bunga yang lain yang sejenis, penyerbukan akan terjadi.
  • Penyerbukan oleh air, penyerbukan tumbuhan yang dibantu oleh air terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam oleh air. Contoh penyerbukan oleh air yaitu Hydrilla.
  • Penyerbukan oleh manusia, penyerbukan dibantu oleh manusia misalnya yaitu pada vanili dan salak. Bunga vanili dan salak berkelamin tunggal sehingga terdapat bunga jantan dan bunga betina. proses penyerbukan oleh manusia yaitu pada saat bunga jantan yang penuh dengan serbuk sari dipetik, lalu ditempelkan pada bunga betina yang telah masak.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Macam macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari
Sebutkan macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari? Berikut ini kami jelaskan macam macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sari:
  • Penyerbukan sendiri disebut Autogami. Penyerbukan sendiri merupakan menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan sendiri tidak dapat menghasilkan keturunan yang beragam atau bervariasi. Penyerbukan sendiri contohnya yaitu pada bunga turi dan bunga telang.
  • Penyerbukan tetangga disebut Geitonogami. Penyerbukan tetangga adalah peristiwa menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada dalam satu tumbuhan. Penyerbukan tetangga contohnya yaitu pada bunga jagung.
  • Penyerbukan silang disebut juga Alogami. Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi jika menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik yang lain yang berada pada tumbuhan lainnya yang sejenis. Penyerbukan ini juga dikenal sebagai persilangan. Persilangan bisa menimbulkan variasi keturunan sebab terjadinya perpaduan sifat dari dua tumbuhan induknya. Penyerbukan silang contohnya yaitu persilangan antara bunga merah dengan bunga putih yang bisa menghasilkan bunga merah, bunga putih dan bunga merah muda.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian penyerbukan dan macam macam penyerbukan. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar