Skip to main content

Pengertian Pembuluh Balik (Vena), Fungsi, Ciri-ciri & Jenis

Pengertian pembuluh balik – Pembuluh darah termasuk dalam sistem sirkulasi dalam tubuh yang fungsinya untuk untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada 3 macam pembuluh darah yang ada dalam tubuh yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena) dan pembuluh kapiler. Jika dalam pembahasan sebelumnya kami sudah membahas tentang pengertian pembuluh nadi (arteri), maka pada pembahasan ini kami akan membahas tentang apa itu pembuluh balik (vena). Apa yang dimaksud pembuluh balik? Sudah tahukah kamu arti pembuluh vena (pembuluh balik)? Bagi kamu yang belum tahu silahkan simak pembahasan ini karena kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan pembuluh balik, mulai dari pengertian, fungsi pembuluh balik (vena), ciri ciri pembuluh balik vena dan jenis jenis pembuluh balik.

Pengertian Pembuluh Balik (Vena)

Pengertian Pembuluh Balik Vena

Pembuluh balik (vena) adalah pembuluh darah yang menghantar atau membawa darah menuju ke jantung. Darah yang dibawa oleh pembuluh vena mengandung karbondioksida (CO2). Umumnya pembuluh vena berada di dekat permukaan tubuh dan terlihat kebiru-biruan. Pembuluh vena mempunayai dinding yang tipis, tidak elastis dan berdiameter lebih kecil dibanding pembuluh nadi. Hal itu terjadi karena darah yang dalam perjalanannya kembali menuju ke jantung mempunyai tekanan yang sangat rendah bahkan tidak terasa.

Tekanan yang sangat rendah tersebut menyebabkan darah lebih cenderung menggalir kembali meninggalkan jantung. Untuk mencegah hal itu, pembuluh vena mempunyai banyak katup yang berfungsi agar darah tetap mengalir satu arah. Dengan adanya katup tersebut, aliran darah akan mengalir menuju jantung. Apabila tejadi luka pada pembuluh balik (vena), maka darah tidak memancar akan tetapi menjalar atau menetes keluar hal itu karena tekanan darah yang rendah dan tidak terasa.

Di dalam tubuh, pembuluh balik berada menjadi satu pembuluh balik yang besar disebut dengan vena cava. Pembuluh darah ini masuk ke jantung melalui serambi kanan. Apabila terjadi pertukaran gas pada paru-paru, maka darah mengalir menuju ke jantung lagi melalui vena paru-paru. Pembuluh balik akan membawa darah yang banyak oksigen, jadi darah di dalam semua pembuluh banyak yang mengandung karbon dioksida terkecuali pada jenis pembuluh vena pulmonalis. Pada manusia penyakit yang menyerang pembuluh balik atau vena yaitu disebut varises.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Pembuluh Balik (Vena)

Apa fungsi pembuluh balik pada peredaran darah manusia? fungsi pembuluh balik adalah untuk menyalurkan dan membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri ciri Pembuluh Balik Vena

Sebutkan ciri ciri pembuluh balik (vena)? Pembuluh balik vena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pembuluh balik mempunyai dinding yang tipis.
  • Pembuluh balik tidak elastis dan memiliki diameter lebih besar dibandingkan dengan pembuluh nadi (arteri).
  • Letak pembuluh balik umumnya berada di dekat permukaan tubuh dan warnanya kelihatan kebiru-biruan.
  • Diameternya berukuran hingga 1,5 cm.
  • Di dalamnya mengandung banyak karbon dioksida.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Pembuluh Balik

Sebutkan macam dari pembuluh balik atau vena? Macam macam pembuluh balik atau vena adalah sebagai berikut ini:

  • Vena pulmonalis adalah pembuluh darah yang membawa darah yang banyak mengandung oksigen dari paru-paru menuju ke antrium kiri jantung. Karena itulah vena pulmonalis disebut sebagai vena paru-paru. Terdapat 2 jenis vena pulmonalis yaitu vena pulmonalis kanan dan vena pulmonalis kiri.
  • Vena cava adalah pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung pada bagian atrium kanan. Vena cava ini disebut sebagai vena sistemik. Terdapat 2 jenis vena cava yaitu vena cava superior dan vena cava inferior.
    1. Vena cava superior adalah vena yang membawa darah yang kaya co2 menuju jantung. Jadi pembuluh ini berfungsi sebagai penerima dan pengangkut darah yang mengandung karbon dioksida (CO2) dari bagian atas tubuh yaitu kepala dan lengan menuju ke jantung bagian serambi kanan (atrium dexter). Letak vena cava superior berada di atas jantung dan terbentuk dari pertemuan antara vena brakiosefalika kiri dan kanan.
    2. Vena cava inferior adalah pembuluh darah yang menerima dan mengakut darah dari badan dan kedua kaki menuju ke jantung bagian atrium dexter/ serambi kanan. Darah yang dibawa oleh pembuluh jenis ini yaitu mengandung CO2. Letak pembuluh vena cava inferior berada di samping pembuluh aorta perut. Pembuluh vena cava inferior merupakan pembuluh terbesar yang ada di tubuh manusia.
  • Vena superfisialis adalah pembuluh balik yang letaknya berada dekat dengan permukaan kulit dan tidak terletak dekat dengan arteri yang tepat. Pembuluh vena superfisialis disebut sebagai Cutanea. Pembuluh ini merupakan pembuluh yang ditusuk dan diambil darahnya untuk cek gula darah, kolesterol dan lain-lain.
  • Vena dalam adalah pembuluh darah balik (vena) yang menyertai arteri (bersampingan dengan pembuluh arteri), dan biasanya tersimpan dalam selubung pembungkus vena dan arteri. Jika dilihat dari luar tidak akan terlihat dengan mata telanjang. Vena dalam disebut sebagai deep vein.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian pembuluh balik (vena). Semoga penjelasan yang kami tulis di atas pada blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar