--> Skip to main content
Menu

Pengertian Komet dan Ciri-cirinya (Bagian, Jenis & Contoh)

Pengertian komet dan ciri-cirinya – Di tata surya ada banyak sekali benda langit, selain matahari yang sebagai pusatnya, kemudian planet, asteroid, ada juga yang namanya komet yang terlihat indah bercahaya seperti mempunyai ekor. Komet sejak dulu sering dijadikan sebagai objek penelitian oleh para astronom di dunia. Nah apa itu komet? Seperti apakah komet itu? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud komet, maka kamu bisa menyimak pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan komet ini. Supaya kamu bisa lebih memahami seperti apakah definisi komet, maka di sini juga kami berikan beberapa ciri-ciri komet, bagian bagian komet, jenis-jenis komet dan contoh komet.

Pengertian Komet dan Ciri-cirinya

Pengertian Komet

Asal kata komet adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu “Kometes” yang artinya “Rambut Panjang”. Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang sangat lonjong yang tentunya berbeda dari lintasan planet di tata surya. Komet merupakan benda langit yang memiliki ekor ketika bergerak mendekati matahari melalui orbitnya. Komet adalah benda angkasa yang terang dan ditutupi oleh kabut tipis.

Komet terbentuk dari es dan debu . Komet terdiri daripada campuran partikel debu dan gas yang membeku. Bagian komet yang terdiri dari gas dan debu disebut inti komet. Cahaya matahari sering dipantulkan oleh bagian dari komet, sehingga komet tampak mempunayi ekor. Itulah mengapa komet sering disebut bintang berekor. Panjang ekor komet dapat mencapai hingga juaan km, dan arah ekor komet selalu menjauhi matahari. Sebagian bear cahaya komet merupakan pantulan dari cahaya matahari.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Komet

Yang merupakan ciri-ciri komet adalah sebagai berikut:

  • Komet bukanlah bintang, namun komet termasuk benda angkasa yang terbentuk dari debu dan gas yang membeku, sebagian besar cahanyanya itu berasal dari matahari.
  • Komet mempunyai lintasan atau orbit yang berbentuk elips atau lonjong, lebih panjang dari pada lintasan planet.
  • Disebut gas pijar, dengan garis edar yang berbeda-beda.
  • Terlihat mempunyai ekor ketika mendekati matahari, sehingga sering disebut sebagai bintang ekor.
  • Arah ekor komet selalu menjauhi matahari, dan ekornya sangat panjang dapat mencapai hingga jutaan km.
  • Sangat mudah terbakar, terlebih pada bagian ekornya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagian Bagian Komet

sebutkan bagian bagian komet? Bagian bagian komet beserta penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

  • Inti komet adalah bagian yang sangat padat, diameternya dapat mencapai hingga beberapa kilometer. Terbentuk dari penguapan dari bahan-bahan es penyusun komet, setelah itu berubah menjadi gas.
  • Koma adalah bagian dari komet yang terletak di sekeliling bagian inti, koma merupakan daerah yang berkabut atau mirip tabir.
  • Lapisan hidrogen adalah lapisan yang membungkus atau menyelubungi bagian koma, bagian ini tidak tampak oleh mata manusia. Diameter lapisan hidrogen dapa mencapai sekitar 20 juta kilometer.
  • Ekor adalah bagian gas pada komet yang bercahaya apabila melewati matahari, dan tampak sangat panjang sekali, panjangnya dapat mencapai jutaan kilometer.

Bisa disimpulkan bahwa inti dari komet adalah batu dan es yang padat. Ekor komet selalau menjauhi matahari, ekornya dapat terdiri dari partikel gas dan debu. Ekor debu akan tampak seperti lengkungan dan ekor gas tampak lurus memanjang. Ekor komet dapat terbentuk pada saat mendekati matahari, yakni ketika sebagian dari bagian inti meleleh hingga menjadi gas kemudian angin dari matahari meniup gas tersebut dan bergerak menuju ke arah bagian belakang komet, sehingga tampak seperti ekor yang bercahaya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Komet

Berikut ini adalah jenis jenis komet dan penjelasannya:

  1. Komet berekor panjang adalah komet yang mempunyai lintasan yang sangat jauh , komet ini melewati daerah-daerah yang ada di angkasa yang dingin sekali sehingga dapat menyerap gas-gas di daerah yang dilaluinya. Ketika komet ini mendekati matahari, maka akan melepaskan gas-gas, sehingga membentuk koma dan ekor yang panjang. Contoh komet yang terkenal berekor panjang yaitu komet halley yang bisa terlihat sekitar 76 tahun sekali.
  2. Komet berekor pendek adalah komet yang mempunyai lintasan yang pendek, sehingga gas-gas yang diserap pada daerah yang dilaluinya dianggkasa hanya sedikit. Jadi ketika mendekati matahari gas-gas yang dilepaskan sedikit sehingga tampak mempunyai ekor yang pendek, ada juga yang terlihat hampir tidak mempunyai ekor. Contoh komet berekor pendek adalah komet encke yang melintas mendekati matahari kurang lebih 3,3 tahun sekali.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Komet

Berikut ini adalah beberapa contoh komet beserta periode berputarnya:

  • Komet Halley adalah komet yang sangat terkenal diantara komet yang lainnya, komet halley terlihat sangat terang dan berekor panjang sehingga bisa terlihat oleh mata manusia tanpa perlu bantuan alat teleskop. Periode kemunculan komet halley adalah dapat terlihat sekitar 76 tahun sekali.
  • Komet Hyakutake adalah komet yang mempunyai ekor yang sangat panjang dibandingkan dengan komet yang lain. Komet ini dinamakan komet hyakute karena penemu komet ini adalah seorang stronom dari jepang yang bernama Yuji Hyakute. Periode orbitnya mencapai hingga 15.000 tahun, namun karena adanya pengaruh gaya gravitasi planet raksasa yang ada di tata surya, periode orbitnya mencapai 72.000 tahun. Jadi untuk bisa melihat komet hyakute lagi dibutuhkan waktu sekitar 72.000 tahun.
  • Komet Encke merupakan komtet yang berekor pendek. Komet encke muncul setiap 3,3 tahun. Komet encke telah ditemukan oleh Pierre Machine pada tahun 1786. Di beri nama komet encke karena nama orang yang melakukan perhitungan terhadap lintasan orbitnya bernama Johann Franz Enncke.
  • Komet West merupakan slah satu komet yang terang ketika melintasi tata surya bagian dalam. Komet west muncul pada tahun 1976.
  • Komet McNaught adalah komet yang paling terang sejak 40 tahun terakhir dan bisa terlihat oleh mata tanpa adanya bantuan alat teleskop. Komet ini ditemukan oleh seorang astronom yang bernama H. McNaught pada tanggal 7 agustus 2006. Komet ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya yaitu Mcnaught. Komet McNaught mendekati jarak terdekat dengan matahari (perhelieon) pada tanggal 12 januari 2007.
  • Komet Hale Bopp merupakan komet yang paling terang dalam sejarah modern dan bisa terlihat oleh mata manusia selama 18 bulan. Komet hale bopp termasuk komet yang paling banyak di amati sejak abad 20.

Contoh komet yang lain yaitu Mellish (tahun 1917), De Kock-Paraskevopoulos (tahun 1941), Ikeya Seki (tahun 1965), Kohoutek (tahun 1973), Shoemoker levy (tahun 1994), dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang bisa kami bagikan tentang pengertian komet dan ciri-cirinya. Semoga apa yang kami bagikan melalui blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi kita.