Skip to main content

Pengertian Jenis Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Pengertian jenis ciri-ciri struktur dan contoh teks eksposisi – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ada yang namanya materi tentnag pengertian teks eksposisi, apa itu teks eksposisi? Bagi kamu yang sudah mempelajarinya tentunya sudah tahu dengan apa yang dimaksud teks eksposisi. Namun bagi yang belum atau mungkin baru mendengarnya tentunya belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan teks eksposisi. Jadi seperti apakah teks eksposisi itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita haru stahu definisi teks eksposisi secara umum dan pengertian teks eksposisi menurut para ahli. Selain itu juga jenis teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, struktur teks eksposisi, dan contoh teks eksposisi.

Pengertian Jenis Ciri-ciri Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf atau karangan yang mengandung sejumlah informassi dan pengetahuan yang dituliskan dalam bentuk yang singkat, padat, jelas dan akurat. Artinya setiap orang yang membaca sebuah teks eksposisi bisa dengan mudah memahami informasi yang terkandung di dalamnya.

Atau definisi teks eksposisi adalah suatu pengembangan paragraf dalam penulisan yang mana isinya mengungkapkan gagasan, memberikan pengertian atau penjelasan dengan menggunakan gaya penulisan yang jelas, singkat, padat dan akurat. Di dalam teks eksposisi terdapat pernyataan yang bersifat ilmiah atau bisa dikatakan non fiksi seperti pembahasan tentang pendidikan, ekonomi, sosial dan lain-lain.

Secara singkatnya pengertian dari teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisi tentang informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat dan akurat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Selain memahami pengertian eksposisi secara umum, ada baiknya juga memahami pengertian definisi teks eksposisi menurut para ahli. Berikut ini pengertian atau definisi teks eksposisi menurut para ahli yang daapt kamu pahami.

1. Pengertian teks eksposisi menurut Gorys Keraf (1995 : 7)

Bahwa teks eksposisi adalah sebuah bentuk wacana yang berusaha untuk menguraikan objek sehingga dapat memperluas pengetahuan atau pandangan pembaca. Tujuan utama teks eksposisi adalah untuk memberikan informasi tentang sebuah objek tertentu. Kemudian menurut Gorys Keraf ada syarat penulisan teks eksposisi yang harus dipenuhi seorang penulis, diantaranya yaitu:

  • Penulis harus mengetahui dan menguasai objek dari permasalahan yang akan ditulisnya. Teks yang akan ditulisnya harus disertai dengan bukti dan fakta yang nyata dan kuat supaya tidak mengarahkan pambaca kepada hal-hal yang tidak benar.
  • Penulis harus mampu melakukan analisis terhadap objek permasalahan dengan jelas dan konkret.

2. Pengertian teks eksposisi menurut Alwasilah (2005 : 111)

Menyatakan bahwa teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang tujuan utamanya yaitu untuk menjelaskan, mengklarifikasi, mendidik, atau mengevaluasi suatu persoalan Tujuannya yaitu untuk memberikan sebuah informasi atau petunjuk kepada para pembaca.

3. Pengertian teks eksposisi menurut Nasucha (2009 : 50)

Menyatakan bahwa paragraf eksposisi tujuannya adalah untuk menjelaskan, memaparkan, menyampaikan informasi, menerangkan dan mengajarkan sesuatu tanpa disertai dengan ajakan atau desakan supaya pembaca menerima atau mengikutinya. Tujuan teks eksposisi yaitu untuk menyajikan ilmu atau pengetahuan, pengertian, definisi, langkah-langkah sebuah kegiatan, cara, metode dan proses terjadinya sesuatu.

4. Pengertian teks eksposisi menurut Merriam-Webster Dictionary

Bahwa teks eksposisi adalah susunan kata yang berperan dalam menjelaskan atau menerangkan sesuatu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Teks Eksposisi

Pembahasan selanjutnya yaitu tentang jenis teks eksposisi dan pengertiannya. Jenis teks eksposisi adalah sebagai berikut.

1. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan secara sederhana atau dalam bentuk konkret suatu ide atau gagasan. Biasanya jenis teks ilustrasi menggunakan frasa penghubung dalam mendeskripsikan seuatu kepada pembaca.

2. Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah jenis teks yang isinya menjelaskan tentang pengertian dari sebuah objek tertentu.

3. Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita adalah jenis teks yang isinya menyampaikan informasi dari suatu kejadian atau peristiwa. Jenis teks eksposisi berita ini banyak dijumpai dalam sebuah koran atau surat kabar.

4. Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah jenis teks yang isinya menjelaskan mengenai panduan atau tata cara atau untuk melakukan sesuatu.

5. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu pokok bahasan dengan menggunakan metode perbandingan.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah jenis teks yang berisi masalah pertentangan antara satu objek dengan objek lain. Teks ini biasanya menggunakan kata frasa penghubung, misalnya yaitu sebaiknya, meskipun begitu, akan tetapi, dan lain-lain.

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis adalah jenis teks yang isinya menjelaskan mengenai proses analisis suatu pokok bahasan yang dipisahkan menjadi beberapa sub-bagian untuk selanjutnya dikembangkan secara berurutan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri teks eksposisi adalah sebagai berikut:

  • Penyampaian informasi dilakukan secara singkat, jelas, padat, akurat dan mudah dimengerti oleh pembacanya.
  • Informasi yang disampaikan dalam tulisan bersifat objektif, tidak memihak, dan berdasarkan dari bukti yang konkret.
  • Penjabaran informasi di dalam teks disertai dengan data-data yang akuran, data tersebut berasal dari sumber yang terpercaya sebagai pendukung isi dari tulisan.
  • Gaya penulisan yang digunakan bersifat persuasif informatif atau mengajak orang.
  • Fakta informasi yang diberikan banyak digunakan sebagai alat kontribusi dan konkritasi.
  • Penjelasan informasi dipaparkan dengan lugas dan menggunakan bahasa baku sesuai dengan EYD.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Struktur Teks Eksposisi

Terdapat 3 struktur dari teks eksposisi. Ketiga struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut:

1. Tesis (Pernyataan Pendapat)

Tesis adalah bagian teks yang berisi tentang pernyataan pendapat penulis , bagian ini disebut sebagai bagian pembuka.

2. Argumen (Argumentasi)

Argumen adalah bagian yang berisi tentang alasan-alasan yang dapat memperkuat atau mendukung argumen penulis. Argumen ini dapat diambil dari hasil penelitian yang dialkukan oleh para ahli, ataupun pendapat dari pakar dalam bidang tertentu sehingga dapat memperkuat pendapat pribadi si penulis.

3. Reiteration (Penegasan ulang pendapat)

Reiteration adalah bagian yang berisi tentang penegasan ulang pendapat penulis, sehingga pembaca bisa lebih memahami sepenuhnya isi teks tersebut. Reiterasi biasanya disertai dengan adanya bukti-bukti pendukung, dan merupakan bagian kesimpulan dari teks yang dibaut penulis.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Teks Eksposisi

Beriku ini adalah bebarapa contoh teks eksposisi singkat yang dapat kami tuliskan.

1. Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Seringkali kebijakan pemerintah menyusahkan rakyat di kalangan menengah ke bawah. Seperti, kenaikan harga BBM yang rakyat menjadi gelisah. Dengan naiknya harga BBM, maka dapat membuat harga jasa dan barang menjadi ikut naik. Keadaan yang seperti ini akan menuntut rakyat untuk memutar otak supaya bisa memenuhi kebutuhannya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Contoh Teks Eksposisi Definisi

Majas adalah gaya bahasa yang sering digunakan oleh seorang penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Tujuan dari hal tersebut yaitu untuk membuat seorang pembaca memperoleh efek tertentu dari gaya bahasa tersebut yang cenderung ke arah emosional. Majas umumnya bersifat tidak sebenarnya atau dapat juga konotasinya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Contoh Teks Eksposisi Berita

Penerbangan Boing 605 milik Batik Airlines hilang dalam penerbangannya dari Indoneisa, Singapura, menuju ke Kyoto, Jepang, pada hari Rabu (9/11/2016) pagi hari. Dii antara 160 penumpang termasuk 12 kru pesawat dan 3 bayi , terdapat 80 orang dari Indonesia. Berikut ini adalah daftar rinci asal negara penumpang beserta dengan jumlahnya.

  1. Indonesia 80 orang dan 1 bayi.
  2. Jepang 40 orang dan 1 bayi.
  3. Cina 15 orang.
  4. Australia 10 orang dan 1 bayi
  5. Inggris 5 orang.
  6. Korea Selatan 10 orang.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

4. Contoh Teks Eksposisi Proses

Alat dan bahan

  • Telur mentah 2 butir
  • Minyak goreng 2 sendok
  • Garam secukupnya
  • Kompor
  • Wajan
  • Spatula
  • Gelas
  • Sendok

Cara membuat:

  • Pecahkan telur, lalu masukkan putih dan kuning telur ke dalam gelas.
  • Tambahkan garam secukupnya, lalu aduk.
  • Rasakan larutan telur tersebut dengan jari untuk mengetahui keasinannya.
  • Jika sudah cukup, maka tuangkan larutan telur tersebut ke dalam wajan yang sudah diberikan minyak goreng dan dipanaskan.
  • Goreng dengan menggunakan api sedang supaya telur tidak hangus.
  • Jika sudah matang angkat telurnya, kini telur sudah siap untuk disajikan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

5. Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

MMA (Mix Martial Art) bukanlah jenis olahraga yang mempunyai banyak peminat, tetapi mempunyai banyak penggemar. Lain halnya dengan olahraga jalan kaki atau joging, yang mempunyai banyak peminat, tetapi sedikit penggemar. Kenapa seperti itu? Karena hanya ada sedikit bahkan tidak ada orang yang menonton orang lain berjalan kaki atau joging.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

6. Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Olahraga tenis dan olahraga bulutangkis adalah dua olahraga dari beberapa olahraga yang cukup populer di dunia. Olahraga tenis ini sama sekali berbeda dengan olahraga bulutangkis. Olahraga tenis menggunakan bola sebagai salah satu alat dan medianya, sedangkan olahraga bulutangkis menggunakan kok. Selain itu, olahraga tenis menggunakan raket yang lebih besar daripada raket yang digunakan untuk olahraga bulutangkis. Untuk lapangan, tenis mempunyai lapangan yang lebih lebar dan lebih panjang daripada lapangan bulutangkis.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

7. Contoh Teks Eksposisi Analisis

Seorang anak tentunya mempunyai bakat yang terpendam di dalam dirinya sejak ia dilahirkan. Kelak bakat tersebut mesti dikembangkan oleh anak tersebut dengan bantuan orang lain entah itu orang tua, guru, ataupun teman-temannya. Apabila anak dipaksakan untuk mengembangkan suatu hal yang ada diluar bakat terpendamnya, maka bakat yang ada dalam dirinya akan semakin terpendam, dan anak pun tidak dapat berkembang dengan semestinya. Maka dari itulah, mengembangkan bakat anak sesuai dengan bakat terbaiknya adalah suatu hal yang perlu dilakukan oleh semua pihak terutama orang tua dan guru. Dengan begitu anak bisa tumbuh dengan semestinya sesuai dengan bakat terbaiknya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan kepada kamu tentang pengertian jenis ciri-ciri struktur dan contoh teks eksposisi. Semoga apa yang sudah kami bagikan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar