Skip to main content

Pengertian Masyarakat dan Ciri Masyarakat (Unsur dan Macamnya)

Pengertian Masyarakat - Manusia merupakan makhluk sosial yang pastinya saling membutuhkan antara individu satu dengan yang lainnya. Untuk itulah kita membentuk sebuah lingkungan kelompok yang dapat di sebut sebagai masyarakat. Nah apa itu masyarakat? Seperit apa definisi masyarakat? Bagi kamu yang mungkin saja belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan masyarakat, maka kamu bisa menemukan jawabannya di sini. Karena di sini kami akan menjelaskan tentang arti dari masyarakat secara umum dan juga menurut para ahli. Selain itu di sini juga kami bahas tentang ciri-ciri, unsur-unsur, dan macam-macam masyarakat sebagai pengetahuan untuk menambah pemahaman tentang apa itu masyarakat.

Pengertian Masyarakat dan Ciri Masyarakat

Pengertian Masyarakat

Pengertian masyarakat adalah sekelompok manusia yang hidup secara bersama-sama di suatu tempat dan membentuk suatu sistem baik itu semi terbuka maupun semi tertutup, di mana di dalamnya terjadi interaksi antara individu-individu yang berada di dalam kelompok tersebut. Atau arti masyarakat adalah sekumpulan individu-individu yang merupakan satu kesatuan golongan, hidup secara bersama dan bekerja sama untuk mendapatkan kepentingan bersama yang sudah mempunyai tatanan kehidupan, norma-norma serta adat istiadat yang ditaati dalam lingkungannya. Contoh masyarakat misalnya yaitu perkumpulan, keluarga, sekolah, negara semua adalah masyarakat.

Pengertian masyarakat secara etimologi berasal dari bahasa arab yaitu musyarak yang berarti interaksi atau hubungan. Maka definisi masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang secara bersama-sama hidup pada suatu tempat dan saling berinteraksi di dalam komunitas yang teratur. Selain itu juga istilah masyarakat berasal dari bahasa inggris yakni “society” yang berarti “masyarakat”. Kemudian kata society berasal dari bahasa latin yaitu “societas” yang artinya “kawan”.

Pengertian masyarakat terbagi menjadi 2 yaitu pengertian masyarakat dalam arti luas dan sempit. Pengertian masyarakat dalam arti luas adalah keseluruhan hubungan hidup secara bersama-sama tanpa adanya batasan lingkungan, bangsa dan sebagainya. Sedangkan masyarakat dalam arti sempit yaitu sekelompok individu yang dibatasi oleh adanya golongan, bangsa, teritorial dan lain-lain.

Suatu masyarakat dapat terbentuk karena setiap manusia menggunakan perasaan, pikiran dan keinginannya untk bereaksi dalam lingkungannya. Hal itulah yang menunjukkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Jadi dapat disimpulakan bahwa pengertian masyarakat sederhana secara singkat adalah sekelompok orang yang saling berinteraksi dengan kepentingan yang sama.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian masyarakat menurut para ahli beserta tahunnya. Adapun definisi masyarakat menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

1. Pengertian Masyarakat Menurut Selo Soemardjan (1974)

Bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup secara bersama yang menghasilkan kebudayaan.

2. Pengertian Masyarakat Menurut Ralph Linton (1968)

Menyatakan bahwa, masyarakat yaitu setiap kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam waktu yang cukup lama serta mampu membuat keteraturan dalam kehidupan bersama mereka menganggapnya sebagai suatu kesatuan sosial.

3. Pengertian Masyarakat Menurut Koentjaraningrat (1994)

Masyarakat ialah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi berdasarkan suatu sistem adat istiadat tertentu yang sifatnya terus menerus dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.

4. Pengertian Masyarakat Menurut Karl Marx

Masyarakat yaitu sebuah struktur yang menderita sebuah ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antar kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.

5. Pengertian Masyarakat Menurut Emile Durkheim

Definisi masyarakat menurut emile durkheim, bahwa masyarakat adalah sebuah kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

6. Pengertian Masyarakat Menurut Robert Mac Iver

Masyarakat yaitu suatu sistem hubungan-hubungan yang diterbitkan. Karena anusia yang hidup bersaam, bergaul dala waktu yang lamam dan adanya kesadaran bahwa manusia adalah bagian dari satu kesatuan.

7. Pengertian Masyarakat Menurut Jl Gillin dan Jp Gillin

Definisi masyarakat menurut jl gillin dan jp gillin, bahwa masyarakat ialah kelompok manusia yang memiliki kebiasaan tradisi, sikap serta perasaan persatuan yang diikat oleh kebersamaan.

8. Pengertian Masyarakat Menurut Horton dan Hunt

Definisi masyarakat menurut horton dan hunt yaitu suatu organisasi manusia yang saling berhubungan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Masyarakat

Suatu masyarakat bisa kita dikenali dari karakteristik atau ciri-ciri yang ada didalamnya. Adapun Karakteristik masyarakat atau ciri-ciri masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Berada di Wilayah Tertentu

Masyarakat merupakan suatu kelompok yang berada di suatu wilayah secara bersama-sama dan mempunyai sistem yang mengatur berlangsungnya hubungan antar individu.

2. Hidup Secara Berkelompok

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu samma lain dan akan selalu membentuk kelompok karena kebutuhan bersama.

3. Adanya suatu Kebudayaan

Sebuah kebudayaan hanya bisa tercipta jika terdapat suatu masyarakat. Karena itulah sekelompok manusia yang hidup secara bersama dalam kurun waktu tertentu akan melahirkan suatu kebudayaan yang mengalami penyesuaian dan dapat diwariskan secara turun menurun.

4. Terjadi Suatu Perubahan

Seiring berjalannya waktu, suuatu masyarakat dapat mengalami perubahan karena memang pada dasarnya masyarakat mempunyai sifat yang dinamis. Perubahan yang terjadi pada masyarakat akan disesuaikan dengan kebudayaan yang sudah ada sebelumnya.

5. Terjadi Interaksi Sosial

Interaksi sosial akan selalu terjadi di dalam suatu masyarakat. Interaksi ini bisa terjadi bila individu-individu saling bertemu satu dengan lainnya.

6. Mempunyai Pemimpin

Norma dan aturan diperlukan dalam masyarakat supaya kehidupan harmonis bisa terwujud. Karena itulah diperlukan pemimpin untuk menindaklanjuti hal-hal yang sudah disepakati sehingga bisa berjalan dengan baik.

7. Adanya Stratafikasi Sosial

Dalam suatu masyarakat akan terbentuk golongan tertentu, baik itu berdasarkan dari tugas, tanggung jawab dan religiusitasnya. Dalam hal tersebut stratifikasi yang dilakukan yaitu dengan memposisikan individu pada posisi tertentu yang sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dibidanginya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Unsur-unsur Masyarakat

Masyarakat dapat terbentuk dari beberapa unsur penting yang ada di dalamnya. Adapun unsur unsur masyarakat adalah sebagai berikut ini:

1. Sekelompok orang banyak

Dalam hal ini orang banyak merupakan sekumpulan orang yang berada pada suatu tempat tertentu. Adapun karakteristik dari orang banyak yaitu:

  • Adanya suatu perasaan sebagai satu kesatuan.
  • Dapat terbentuk karena adanya pusat perhatian bersama.
  • Berlangsung tanya jawab di sekitar objek yang merupakan pusat perhatian.
  • Proses terbentuknya memerlukan waktu yang cukup lama.

2. Golongan

Golongan merupakan pengelompokan yang tejadi dalam masyarakat berdasarkan dari karakteristik atau ciri-ciri yang dimilikinya, baik itu yang bersifat objektif maupun subjektif. Karakteristik suatu golongan diantaranya yaitu:

  • Adanya perbedaan status dan peran.
  • Adanya pola interaksi yang bermacam-macam.
  • Terjadi distribusi antara hak dan kewajiban tiap-tiap anggota.
  • Adanya sanksi dan penghargaan.

3. Asosiasi (Perkumpulan)

Asosiasi merupakan kesatuan banyak individu yang secara sadar terbentuk dan mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pembentukan asosiasi dilakukan atas dasar minat, tujuan, kepentingan, agama, pendidikan serta profesi.

4. Kelompok

Kelompok merupakan unsur dalam masyarakat yang lebih kecil. Adapun karakteristik kelompok diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Adanya interaksi antar anggota kelompok.
  • Adanya struktur, kaidah serta pola tertentu.
  • Adanya faktor pengiakat, yaitu kepentingan, ideologi, tujuan, dan nasib dari setiap anggota kelompok.
  • Adanya kesadaran dari setiap anggota bahwa mereka merupakan bagian dari suatu kelompok.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Masyarakat

Masyarakat secara umum terbagi menjadi 2 jenis yaitu masyarakat primitif dan masyarakat modern. Penjelasan tentang macam macam masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Masyarakat Primitif (Sederhana)

Masyarakat primitif adalah jenis masyarakat yang dalam kehidupannya belum terjadi perkembangan yang berarti dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat jenis ini umumnya masih terisolasi dan sangat jarang melakukan interaksi dengan masyarakat lainnya yang berada di luar komunitas mereka. Ciri-ciri masyarakat primitif yaitu sebagai berikut ini:

  • Masyarakatnya masih miskin ilmu dan harta.
  • Masih berpedoman pada budaya yang diturukan oleh nenek moyang.
  • Monolak budaya asing yang akan masuk di dalam komunitasnya.
  • Penentuan pemimpin berdasarkan dari garis keturunan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Masyarakat Modern

Masyarakat modern adalah jenis masyarakat yang sudah mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, dan menggunakannya dalam kesehariannya. Masyarakat modern umumnya sangat terbuka dengan hal-hal yang baru dan sering melakukan interaksi dengan masyarakat luar. Ciri-ciri masyarakat modern adalah sebagai berikut ini:

  • Masyarakatnya sangat terbuka dengan hal-hal yang baru.
  • Lebih mengandalkan logika serta tindakan yang rasional.
  • Setiap individu sangat menghargai waktu.
  • Pemimpin ditentukan berdasarkan dari kemampuan.
  • Masyaraktnya terdiri dari berbagai macam suku maupun golongan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang pengertian masyarakat, ciri-ciri, unsur-unsur, dan macam-macam masyarakat secara umum. Semoga apa yang sudah saya tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat mberikan manfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar