Skip to main content

Pengertian Kewirausahaan Ciri dan Tujuan

Pengertian kewirausahaan ciri dan tujuan - Sekarang ini banyak orang yang lebih tertarik bergerak dalam dunia kewirausahaan dibandingkan dengan bekerja menjadi seorang karyawan atau pegawai. Fenomena seperti ini memang sering kali terjadi. Hal ini mungkin karena dengan cara membuka usaha sendiri maka peluang untuk sukses akan lebih besar. Bagi kamu yang ingin mencoba keberuntungan dalam dunia kewirausahaan tentunya kamu harus belajar dan tahu tentang apa itu kewirausahaan. Nah jika kamu belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan kewirausahaan, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi kewirausahaan di sini. Selain menjelaskan tentang arti kewirausahaan di sini juga kami bahas ciri-cirinya dan juga tujuannya. Langsung saja silahkan simak penjelasan pengertian kewirausahaan dan wirausaha serta ciri dan tujuannya.

Pengertian Kewirausahaan Ciri dan Tujuan

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian kewirausahaan secara umum adalah suatu proses dalam melakukan maupun menciptakan sesuatu yang baru dengan cara yang kreatif dan penuh dengan inovasi yang dapat memberikan manfaat untuk orang lain serta mempunyai nilai tambah.

Dengan kata lain bahwa, pengertian kewirausahaan adalah sebuah sikap mental seseorang yang mempunyai kreativitas, aktif, dan bercipta daya untuk membuat sesuatu yang baru dan inik serta bisa memberikan manfaat bagi orang banyak. Jadi kewirausahaan itu mempunyai proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu disertai dengan tenggang waktu, sumber daya, modal dan risiko.

Secara singkatnya definisi kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru yang berbeda atau inovatif serta kreatif yang memberikan manfaat dan nilai lebih.

Kemudian jika dilihat dari segi bahasa, arti kewirausahaan adalah berasal dari kata wira dan usaha. Kata wira artinya pejuang, berani, berbudi luhur, dan berwatak agung. Sedangkan kata usaha artinya adalah bekerja, berbuat sesuatu, dan berbuat amal. Sehingga pengertian wirausaha adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai dengan segala resiko agar bisa meraih suatu kesuksesan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli dan tahunnya. Adapun penjelasan tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Kewirausahaan Menurut Drucker

Pengertian kewirausahaan menurut drucker 1959 adalah sebuah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Zimmerer

Pengertian kewirausahaan menurut zimmerer tahun 1996 adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan permasalahan dan menemukan serta memanfaatkan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha atau bisnis.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Robin (1996)

Pengertian kewirausahaan menurut robin adalah sebuah proses seseorang untuk mengejar peluang-peluang memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui sebuah inovasi tanpa memperhatikan sumber daya yang dikendalikan.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Savary

Pengertian kewirausahaan menurut savary 1723, bahwa kewirausahaan itu berasal dari kata Entrepreneur, seperti yang tercantum dalam bukunya yang berjudul: “kamus dagang”. Definisi entrepreneur dalam buku tersebut yaitu orang yang membeli sebuah barang dengan harga pasti meskipun orang tersebut belum mengetahui berapa nilai ekonomisnya ketika akan dijual.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Raymond

Menurut Raymond W. Y. Kao (1995), bahwa kewirausahaan adalah sebuah proses penciptaan sesuatu yang baru dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya sudah ada, dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan individu dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Soeharto Prawiro

Arti kewirausahaan menurut soeharto prawiro (1997) yaitu sebuah nilai yang diperlukan untuk mengawali sebuah usaha dan mengembangkan sebuah usaha .

Pengertian Kewirausahaan Menurut Richard

Kewirausahaan menurut richard (1775) yaitu pekerjaan itu sendiri (wirausaha), yang lebih menekankan bagiamana seseorang beresiko atau ketidakpastian. Jadi seorang pengusaha akan membeli barang di saat ini pada harga tertentu dan akan menjualnya di waktu mendatang dengan harga yang tak menentu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Kewirausahaan

Terdapat beberapa ciri-ciri kewirausahaan yang handal dan profesional. Adapun ciri-ciri kewirausahaan dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi Tinggi

Untuk menjadi pebisnis yang sukses maka seseorang harus mempunyai keberanian yang tinggi. Keberanian di sini yaitu keberanian dalam berkreasi dengan pertimbangan dan perencanaan yang mumpuni. Karena untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis itu tidak cukup dengan hanya mempunyai kreativitas saja.

2. Mempunyai Kemauan Keras dan Semangat Tinggi

Seorang wirausahawan yang membangun sebuah bisnis tidak hanya mengandalkan daya kreativitas saja. Tetapi juga harus mempunyai kemauan yang keras dan semangat yang tinggi. Tujuannya yaitu agar bisa menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang dilakukannya akan membawanya pada kesuksesan.

3. Mempunyai Daya Analisis yang Baik

Seorang pebisnis harus mempunyai daya analisis terhadap apa yang sedang dilakukannya. Misalnya yaitu dalam memperhitungkan untung rugi, nilai jual barang atau jasa, persaingan dan kemampuan analisis pasar yang lainnya. Analisis ini sangatlah penting, tujuannya yaitu untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

4. Mempunyai Jiwa Pemimpin dan Tidak Berperilaku Konsumtif

Sebagai seorang pebisnis harus mempunyai jiwa kepemimpinan, baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk bawahannya. Maksudnya yaitu mampu memimpin dan mengendalikan dirinya sendiri maupun anggotanya dalam menentukan sebuah keputusan. Selain itu sebagai seorang pemimpin tidak seharusnya berperilaku konsumtif, karena pengeluaran harus lebih kecil daripada pendapatan. Dengan mempunyai jiwa seperti itu, maka bisnis akan semakin berkembang dengan memanfaatkan keuntungan sebagai modal untuk menjalankan bisnis yang lebih besar.

5. Membuat Keputusan dan Melaksanakannya

Seorang pebisnis yang hebat itu harus mampu membuat sebuah keputusan dengan tepat dan cepat untuk menghasilkan sesuatu. Dalam setiap keputusan yang dibuat haruslah dengan perhitungan yang matang dan dalam melaksanakan keputusan tersebut harus sesuai dengan yang telah disepakati bersama dengan timnya. Tujuan melaksanakan keputusan dengan cepat yaitu untuk meminimalisir hilangnya peluang.

6. Mempunyai Pengabdian yang Besar Terhadap Bisnisnya

Seorang pebisnis yang sedang memulai bisnisnya harus bisa mengesampingkan kepentingan-kepentingan yang dapat ditunda demi pekerjaannya. Jadi seorang pebisnis harus bisa mengabdikan dirinya terhadap pekerjaannya. Tujuannya agar bisnisnya bisa berkembang dan sukses.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Kewirausahaan

Seseorang yang berwirausaha tentunya mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Adapun tujuan kewirausahaan yaitu sebagai berikut ini:

  • Untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan masyarakat yang berada di sekitar usaha yang dijalankan dengan cara membuka lapangan kerja.
  • Untuk membuka sebuah lapangan pekerjaan baru bagi orang lain serta membantu mereka agar bisa menjadi pengusaha mandiri.
  • Untuk menciptakan jaringan bisnis baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja yang berada di sekitarnya.
  • Untuk membantu para pengusaha muda dalam berkreasi dan berinovasi.
  • Untuk menularkan dan mengembangkan semangat kewirausahaan kepada orang lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang bisa saya tuliskan tentang pengertian kewirausahaan ciri dan tujuan. Semoga penjelasan yang sudah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar