--> Skip to main content

Pengertian Ciri-ciri Klasifikasi dan Peranan Mamalia

Pengertian ciri-ciri klasifikasi dan peranan mamalia – Secara garis besar, hewan terbagi ke dalam 6 kategori diantaranya yaitu invertebrata, ikan, amfibi, reptil, burung dan mamalia. Nah dalam pembahasan ini kami akan membahas tentang pengertian mamalia. Sebelumnya apa itu mamalia? Nah bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan mamalia, kamu bisa mempelajarinya di sini. Karena di sini kami akan mengulas tentang definisi mamalia secara rinci. Selain itu di sini juga kami sertakan penjelasan tentang ciri ciri klasifikasi dan peranan mamalia. Simak pembahasannya berikut ini:

Pengertian Ciri-ciri Klasifikasi dan Peranan Mamalia

Pengertian Mamalia

Mamalia berasal dari bahasa latin yaitu mammae yang artinya susu. Pengertian mamalia adalah kelas dari hewan bertulang belakang (kelas vertebrata) yang mempunyai kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui anak yang baru dilahirkan atau yang masih kecil. Mamalia meliputi hewan-hewan yang mempunyai kelenjar susu pada jenis betinanya. Sedangkan untuk jenis jantan mempunyai kelenjar susu namun menyusut (mengalami reduksi).

Sel telur mamalia hanya mempunyai kuning telur yang sedikit, sehingga perkembangan embrionya berlangsung di dalam rahim induknya. Embrio mamalia terlindungi dan tersimpan di dalam kantung amnio yang mengandung air ketuban untuk menjaga darri segala goncangan dari luar. Selain itu air ketuban pada mamalia dapat berguna untuk melancarkan proses saat melahirkan bayinya.

Sebagian besar mamalia berkembang biak dengan melahirkan, tetapi ada beberapa mamalia yang tergolong dalam monotremata yang bertelur. Monotremata tidak mempunyai putting susu, akan tetapi tetap mempunyai kelenjar susu, jadi masih masuk ke dalam kelas mamalia.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian hewan mamalia adalah hewan vertebrata yang menyusi anaknya dengan kelenjar susu oleh jenis betinanya. Susu tersebut merupakan sumber makanan bagi anaknya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Mamalia

Ciri-ciri hewan mamalia adalah sebagai berikut ini:
  • Memiliki kelenjar susu (glandula mammae)
  • Merupakan golongan hewan yang menysui
  • Tubuhnya dipenuhi oleh bulu/ rambut
  • Tubuh mammalia terdiri dari bagian kepala, leher, badan dan ekor
  • Memiliki anggota gerak untuk beraktivitas seperti berjalan, berenang, atau memegang sesuatu
  • Pada bagian jari terdapat kuku dan dan cakar untuk menangkap makanan atau untuk memanjat
  • Bersifat homoiterm(berdarah panas)
  • Bernapas dengan paru-paru
  • Perkembangan otak yang sempurna
  • Memiliki alat indra yang berupa mata, telinga, hidung dan lidah
  • Mulutnya memiliki rahang yang ditumbuhi gigi-gigi, diantaranya gigi taring, seri dan graham
  • Memiliki organ reproduksi yang terpisah antara jantan dengan betina
  • Pembuahan terjadi di dalam tubuh betina
  • Sebagian besar cara berkembang biaknya dengan cara melahirkan
  • Menghasilkan kelenjar keringat
  • Mempunyai sistem pencernaan yang lengkap
  • Sistem ekskresi mammalia mempunyai ginjal metanefros
  • Tempat tinggalnya sebagian di daratan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Klasifikasi Mamalia

Klasifikasi hewan mamalia merupakan sebuah cara untuk mengelompokkan makhluk hidup jenis mamalia ditempatkan pada famili yang sama, ordo yang sama, serta spesies yang sama juga karena mempunyai karakteristik tersendiri yang sama. Adapun klasifikasi mamalia beserta contohnya adalah sebagai berikut ini:

1. Ordo Marsupialia

Karakteristik ordo marsupialia yaitu pada mamalia betina mempunyai kantung dibagian depannya. Contoh ordo marsupialia adalah koala, kuskus dan kanguru.

2. Ordo Insektivora

Karakteristik khusu pada ordo ini yaitu hewan yang suka memakan cacing, serangga, dan biji-bijian. Hewan ordo ini mempunyai mata tertutup dan cakar yang besar serta telapak kaki depan yang lebih besar. Contoh hewan ordo insectivora yaitu tikus tanah.

3. Ordo Dermoptera

Ciri ordo dermoptera adalah bisa terbang karena 4 kaki yang dimiliki membentuk parasut bulu. contoh hewan ordo dermoptera seperti monyet terbang.

4. Ordo Chiroptera

Ciri ordo chiroptera ini yaitu bisa terbang karena mempunyai membran interdigital diantara kaki depan dan belakang. Ukuran kaki belakang lebih kecil. Hewan ini mencari makan di waktu malam hari. Contoh ordo chiroptera adalah kelelawar.

5. Ordo Primata

Ciri ordo primata adalah mamalia yang termasuk dalam herbivora, karnivora dan omnivora. Jari pada bagian tengahnya bisa lebih besar sehingga akan mempermudah untuk memanjat. Contoh ordo primata yaitu monyet, kera, orang utan dan manusia.

6. Ordo Rodentia

Karakteristik ordo rodentia yaitu tidak mempunyai gigi taring untuk mengoyak makanan. Ia bisa hidup di segala habitat. Contoh ordo rodentia adalah tikus, tupai, mencit dan landak.

7. Ordo Carnivora

Ciri ordo carnivora yaitu suka memangsa daging, sehingga ia juga mempunyai gigi taring dan cakar untuk memburu mangsa. Contoh hewan ordo carnivora adalah singa, harimau, serigala dan anjing.

8. Ordo Lagomorpha

Ciri khas ordo lagomorpha yaitu memakan tumbuh-tumbuhan. Contoh hewan ordo lagomorpha yaitu kelinci.

9. Ordo Cetacea

Ciri khas ordo cetacea adalah mamalia yang hidup di laut. Contoh hewan ordo cetacea adalah paus biru dan dolpin laut.

10. Ordo Proboscidea

Karakteristik ordo proboscidea yaitu terdapat pada semua jenis gajah yang ada di dunia. Contohnya gajah India, gajah Afrika dan gajah Indonesia.

11. Ordo Artiodactyla

Ciri ordo artiodactyla adalah mempunyai jari kaki berjumlah genap. Contoh hewan ordo artiodactyla adalah sapi, unta, jerapah, kambing, banteng dan kijang.

12. Ordo Perissodactyla

Ciri ordo perissodactyla yaitu mamalia yang mempunyai jari kaki yang berjumlah ganjil. Contohnya yaitu kuda, keledai dan tapir.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Peranan Mamalia

Terdapat beberapa peranan mamalia bagi kehidupan manusia. Adapun peranan mamalia yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Peranan Mamalia yang Menguntungkan

  • Bisa dimanfaatkan dalam pertanian misalnya untuk membajak tanah sawah dengan kerbau atau sapi.
  • Digunakan sebagai bahan wol, misalnya domba.
  • Untuk memberantas nyamuk (serangga), contohnya kelelawar.
  • Dapat dikonsumsi untuk menambbah sumber gizi yang banyak khususnya protein, misal dagiing dan susu. Contohnya kambing, sapi dan kuda.
  • Digunakan sebagai alat transportasi, contohnya kuda, sapi penarik grobak dan unta.
  • Dapat dijadikan sebagai penjaga rumah dan pelacak jejak, contohnya anjing.
  • Dibuat barang kerajinan, contohnya tanduk yang dibuat sebagai sendok, gantungan kunci tusuk konde dan sisir.
  • Sebagai hiburan, seperti dalam permainan sirkus. Contohnya pada gajah, lumba-lumba, kuda, harimau, dan singa.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Peranan Mamalia yang Merugikan

  • Dapat merusak lahan pertanian, contohnya yaitu babi liar.
  • Memakan buah-buahan kebun, contohnya yaitu kalong.
  • Dapat menyebarkan kuman penyakit, sebagai contoh penyakit rabies yang dibawa oleh anjing yang terinfeksi virus rabies dan penyakit pes yang dibawa oleh tikus.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian ciri-ciri klasifikasi dan peranan mamalia. Semoga penjelasan dalam blot temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar