Skip to main content

Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya

Pengertian politik luar negeri dan tujuannyaPolitik merupakan hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah dan negara. Politik sendiri ada yang politik dalam negeri dan ada politik luar negeri. Pokok pembahasan dalam artikel ini adalah tentang definisi politik luar negeri beserta dengan tujuan politik luar negeri. Sebelumnya tahukah kamu apa itu politik luar negeri? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud dengan politik luar negeri. Maka kamu bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya

Pengertian Politik Luar Negeri

Pengertian politik luar negeri adalah arah kebijakan suatu negara untuk mengatur hubungan atau kerja samanya dengan negara lain. Dapat pula dijelaskan bahwa arti politik luar negeri adalah cara negara dalam berinteraksi dengna negara lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dalam arti luas politik luar negeri adalah pola perilaku yang digunakan oleh suatu negara dalam menjalin hubungan dengan negara lain. Sedangkan pengertian politik luar negeri dalam arti sempit adalah taktik atau strategi yang digunakan untuk menjalin kerja sama dengna negara lain. Bisasanya kerja sama yang dilakukan yaitu dalam hal mengeluarkan doktrin, diplomatik, mencanangkan tujuan dalam waktu yang singkat atau lama dan membuat aliansi.

Politik luar negeri Indonesia bersifat bebas aktif. Bebas berarti Indonesia tidak memihak kepada salah satu blok yang ada di dunia. Aktif artinya Indonesia dalam menjalankan politik luar negeri selalu ikut aktif dalam menyelesaikan masalah internasional. Dengna kata lain pengertian politik luar negeri indonesia adalah politik bebas aktif, di mana Indonesia berhak untuk menentukan arah, sikap dan keinginannya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi politik luar negeri menurut para ahli. Adapun arti politik luar negeri menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Moh Hatta

Pengertian politik luar negeri menurut mohammad hatta adalah bahwa tujuan politik luar negeri Indonesia untuk:

  1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara.
  2. Memperbesar kemakmuran rakyat.
  3. Meningkatkan persaudaraan dengan semua bangsa.
  4. Meningkatkan perdamaian Internasional.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Hudson

Politik luar negeri menurut hudson adalah sub-disiplin dari hubungan internasional tentang politik luar negeri untuk dijadikan sebagai panduan bagi negara-negara lain yang ingin bersahabat maupun bermusuhan dengan negara tersebut.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Goldstein

Bahwa menurut goldstein, politik luar negeri yaitu strategi yang dipakai oleh pemerintah sebagai pedoman dikacah Internasional.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Miriam Budiarjo

Politik luar negeri didefinisikan sebagai kebijakan (policy) yaitu suatu kumpulan yang diambil oleh seorang pelaku maupun kelompok dalam usaha yang mempunyai tujuan, kebijaksanaan dan kekuasaan untuk melaksanakannya.

Pengertian Politik Luar Negeri Menurut Renstra

Politik luar negeri didefinisikan sebagai suatu kebijaksanaan yang diambil pemerintah dalam rangka hubungannya dengan dunia internasional dalam segala usaha untuk mencapai tujuan nasional negara tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Politik Luar Negeri

Tujuan politik luar negeri adalah untuk mewujudkan kepentingan nasional. Di mana tujuan dari politik luar negeri tersebut menggambarkan tentang masa depan suatu negara yang dimulai dari penetapan kebijakan dan keputusan atas dasar kepada kepentingan nasional.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian politik luar negeri indonesia dan tujuannya. Semoga apa yang sudah dijelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar