--> Skip to main content
Menu

Pengertian Sistem Politik dan Ciri-cirinya serta Variabelnya

Pengertian sistem politik dan ciri-cirinya – Di sekolah, mungkin kamu pernah menemukan pertanyaan “jelaskan pengertian sistem politik dan sebutkan ciri-cirinya”. Bisakah kamu menjelaskan apa itu sistem politik? Dan apa saja ciri-cirinya? Nah jika kamu belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan sistem politik dan ciri-ciri sistem politik. Maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi sistem politik dan ciri-cirinya di sini. Tidak hanya itu di sini juga membahas tentang variabel variabel sistem politik yang sangat berpengarauh dalam sistem politik. Oke langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Sistem Politik dan Ciri-cirinya

Pengertian Sistem Politik

Pengertian sistem politik adalah interaksi antara pemerintah degnan masyarakat dalam proses pembuatan maupun pengambilan kebijakan yang mengikat untuk kebaikan bersama antara masyarakat yang berada di dalam wilayah tertentu. Dapat pula dikatakan bahwa arti sistem politik adalah suatu hubungan interaksi yang terjalin antara pemerintah dengan masyarakat dalam proses pemerintahan atau pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan tujuan untuk kebaikan bersama.

Fungsi dari sistem politik adalah merumuskan dan menerapkan berbagai hal yang ingin dicapai dalam wilayah tertentu. Sistem politik dibuat berdasarkan dari unsur-unsur yang ada dalam wilayah tersebut, misalnya unsur budaya, kondisi sosial, lingkungan dan lain-lain.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

Pengertian Sistem Politik Menurut David Easton

Sistem politik adalah suatu sistem yang terdiri dari bagian nilai-nilai dan pengembangan nilai yang ada, sifatnya memaksa dan mengikat masyarakat secara menyeluruh.

Pengertian Sistem Politik Menurut M Budiana

Sistem politik adalah sistem yang mekanisme dari seperangkat fungsi atau tatanan dalam struktur politik.

Pengertian Sistem Politik Menurut Gabriel Almond

Menurut gabriel Almod, sistem politik ialah sistem interaksi yang ditemukan dalam masyarakat yang merdeka, yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Fungsi integrasi yaitu tugas yang dijalankan oleh sistem politik untuk mencapai persatuan dan kesatuan masyarakat yang bersangkutan. Sedangkan fungsi adaptasi yaitu fungsi untuk penyesuaian terhadap lingkungan.

Pengertian Sistem Politik Menurut Sri Soemantri

Pengertian sistem politik menurut sri soemantri adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam berbagai macam badan politik, yang berupa suprastruktur politik (lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif) dan infrastruktur politik yaitu ada 5 komponen. Kelima komponen tersebut diantaranya yaitu partai politik, kelompok kepentingan (interest group), kelompok penekanan (pressure group), alat komunikasi politik dan tokoh politik.

Pengertian Sistem Politik Menurut Rusadi Kantaprawira

Bahwa sistem politik adalah cara kerja atau mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dengan berhubungan antara satu dengan yang lain dan memperlihatkan suatu proses yang langgeng.

Pengertian Sistem Politik Menurut Pamudji

Menurut pendapat Pamudji, sistem politik didefinisikan menjadi 2, yaitu:

  1. Suatu keseluruhan yang terorganisisr (kompleks), suatu perpaduan atau himpunan bagian-bagian atau hal-hal yang membentuk suatu keseluruhan yang kompleks dan utuh.
  2. Suatu keseluruhan yang utuh, dimana di dalamnya terdapat komponen-komponan yang pada gilirannya adalah sistem tersendiri yang memiliki fungsi masing-masing, saling terhubung antara satu dengan yang lain menurut tata, pola atau norma tertentu dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Sistem Politik Menurut Jack C Plano

Bahwa sistem politik adalah pola hubungan masyarakat yang dibentuk atas dasar keputusan-keputusan yang sah dan dilaksanakan dalam masyarakat tersebut.

Ciri-ciri Sistem Politik

Secara umum, ciri-ciri sistem politik adalah sebagai berikut ini:

  • Mempunyai tujuan.
  • Mempunyai komponen-komponen.
  • Setiap komponen mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda.
  • Terdapat interaksi antara komponen satu dengan komponen yang lain.
  • Terdapat mekanisme kerja (pengaturan struktur kerja dalam sistem politik).
  • Terdapat kekuasaan, yaitu kekuasaan untuk mengatur yang ada di dalam sistem maupun di luar sistem. Setiap komponen mempunyai kekuasaan, tetapi tingkatannya tidak sama.
  • Terdapat kebudayaan politik (prinsip-prinsip dan pemikiran) sebagai tolak ukur untuk pengembangan sistem tersebut.

Ciri-ciri Sistem Politik Menurut David Easton

Dalam artikelnya, An A pproach to the analysis of political sistems. David easton berpendapat bahwa ciri-ciri sistem politik adalah sebagai berikut ini:

  • Terdapat unit-unit yang membentuk sistem, sekaligus dengan batas-batas pengaruhnya.
  • Terdapat input dan juga output, dapat dijelaskan bahwa untuk menjamin tetap bekerjanya sebuah sistem dibutuhkan serangkaian input yang sifatnya tetap. Ada 2 jenis pokok input yang terdapat dalam sistem politik yaitu dalam bentuk tuntutan dan dukungan.
  • Terdapat jenis dan tingkat diferensiasi dalam sistem, yang mana suatu sistem politik itu harus menjalankan pekerjaan yang bermacam-macam dalam waktu yang terbatas. Maka strukturnya paling tidak harus mengenal diferensiasi minimal.
  • Terdapat tingkat integrasi sistem politik yang mencerminkan juga tingkat efisiensinya.

Ciri-ciri Sistem Politik Menurut Gabriel Almond

Adapun ciri ciri umum sistem politik menurut almond diantaranya adalah:

  • Semua struktur politik mempunyai spesialisasi, baik itu pada masyarakat modern maupun primitif dalam melaksanakan banyak fungsi.
  • Semua sistem politik yang sederhana sekalipun dengan mempunyai kebudayaan politik. Masyarakat yang sederhana pun mempunyai tipe struktur politik yang ada dalam masyarakat.
  • Semua sistem politik menjalankan fungsi yang sama, tetapi mempunyai perbedaan pada tingkatan yang berbeda-beda, yang ditimbulkan karena adanya perbedaan struktur.

Variabel Sistem Politik

Terdapat 4 variabel sistem politik yang sangat berperan dalam memberikan pengaruh terhadap sistem politik. Adapun variabel sistem politik yaitu sebagai berikut:

  1. Kekuasaan, yang merupakan cara dalam mencapai keinginan seperti membagi sumber-sumber di antara setiap kelompok dalam masyarakat.
  2. Kepentingan, adalah tujuan-tujuan yang dikejar oleh kelompok atau pelaku-pelaku dalam politik.
  3. Kebijakan, yaitu hasil dari interaksi antara kepentingan dan kekuasaan, yang umumnya dalam bentuk perundang-undangan.
  4. Budaya politik, merupakan orientasi dari subjek individu dalam sistem politik.

Itulah penjelasan yagn dapat kami uraikan tentang pengertian sistem politik dan ciri-cirinya serta variabelnya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengartian tersebut dapat bermanfaat.