Skip to main content

Pengertian Politik dan Sistem Politik (Tujuan Konsep Perilaku)

Pengertian politik dan sistem politik – Dalam kehidupan sehari-hari maupun di media sosial tentunya kita sering mendengar politik, bahkan membahas tentang politik. Pembicaraan tentang politik memang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupam masyarakat, hal itu karena secara umum politik memang berhubungan langsung dengan kepemimpinan suatu wilayah atau negara. Lalu apa itu politik? Seperti apa arti politik itu? Bagi teman teman yang belum tahu tentang apa yang dimaksud politik, maka di sini teman-teman bisa menemukan jawaban tentang definisi politik. Selain itu untuk menambah pemahaman tentang politik di sini juga kami sertakan pengertian politik menurut para ahli, macam-macam politik, tujuan politik, konsep politik beserta dengan contoh perilaku politik dalam masyarakat. Langsung saja mari simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Politik dan Sistem Politik

Pengertian Politik

Pengertian politik secara umum adalah usaha demi kepentingan umum baik itu yang berada di bawah kekuasaan negara maupun daerah. Pengertian politik adalah sebuah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat, di mana diwujudkan dalam proses pembuatan keputusan, khususnya di dalam negara. Selain itu politik juga bisa diartikan sebagai suatu seni dan ilmu untuk dapat meraih kesuksesan baik itu secara konstitusional maupun secara non-konstitusional. Seseorang yang melakukan atau menjalankan kegiatan politik disebut sebagai politikus.

Pengertian politik secara etimologis, bahwa arti politik adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu “Polis” yang artinya Negara Kota. Dalam penggunaannya kemudian kata tersebut berkembang diantaranya yaitu:

  • Polties, artinya adalah warga negara.
  • Politikos, artinya kewarganegaraan.
  • Politike Episteme, artinya adalah ilmu politik.
  • Politica, artinya adalah pemerintahan negara.

Sehingga jika ditinjau dari asal katanya maka definisi politik adalah suatu kegiatan dalam sistem politik atau negara yang menyangkut tentang penentuan tujuan dari sistem tersebut dan bagaimana cara untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian politik, berikut ini adalah definisi politik menurut para ahli:

Pengertian Politik Menurut Aristoteles

Arti politik menurut aristoteles yaitu cara atau upaya untuk mendapatkan sesuati yang dikehendaki. Tujuannya yaitu untuk mewujudkan kebaikan bersama.

Pengertian Politik Menurut David Easton

Definisi politik menurut david easton yaitu keseluruhan interaksi yang dapat mengakibatkan terjadinya pembagian nilai-nilai yang ada bersifat mengikat bagi suatu masyarakat secara keseluruhan.

Pengertian Politik Menurut Miriam Budiardjo

Arti politik menurut miriam budiardjo adalah macam-macam kegiatan dari suatu negara yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan juga pelaksanaan dari tujuan tersebut. Dengan kata lain definisi politik menurut miriam budiardjo merupakan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan negara atau proses pengambilan keputusan ketatanegaraan.

Pengertian Politik Menurut Plato

Definisi politik menurut plato adalah suatu usaha untuk dapat mencapai kehidupan masyarakat politik yang terbaik.

Pengertian Politik Menurut Harold Lasswell

Definisi politik menurut harold lasswell, bahwa politik yaitu suatu kegiatan dalam masyarakat yang berkisar pada masalah-masalah “siapa mendapatkan apa, kapan dan bagaimana”. Dalam kenyataannya, persoalan politik memang selalu menyangkut siapa sedang mengejar apa, lalu kapan dan bagaimana yang dikerjar tersebut bisa didapatkan.

Pengertian Politik Menurut Roger F Soltau

Politik menurut roger f soltau yaitu ilmu yang mempelajari tentang negara, tujuan negara, lembaga negara yang melaksanakan tujuan tersebut dan hubungan antar negara dengan warga negaranya serta hubungan negara dengan negara lain.

Pengertian politik menurut Andrew Heywood

Definisi politik menurut andrew heywood yaitu suatu kegiatan dalam negara yang tujuannya adalah untuk membuat, mempertahankan dan mengamandemen seluruh peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak bisa terlepas dari kerjasama dan gejala konflik.

Pengertian Politik Menurut Sri Sumantri

Bahwa politik yaitu pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam berbagai macam badan politik, baik itu infrastruktur politik maupun suprastruktur politik.

Pengertian Politik Menurut Max Weber

Jelaskan pengertian politik menurut max weber? Bahwa politik adalah suatu sarana perjuangan untuk secara bersama melaksanakan politik atau perjuangan untuk memberikan pengaruh terhadap pendistribusian kekuasaan baik itu diantara negara-negara maupun diantara hukum dalam suatu negara.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam sistem politik

Ada banyak sekali macam-macam sistem politik yang dikembangkan oleh suatu negara di seluruh dunia. Adapun macam macam sistem politik di berbagai negara diantaranya yaitu:

  • Sistem Politik Otokrasi Tradisional.
  • Sistem Politik Demokrasi.
  • Sistem Politik Otoriter.
  • Sistem Politik Totaliter.
  • Sistem Politik Oligarki.
  • Sistem Politik Fasisme.
  • Sistem Politik Nasionalisme.
  • Sistem Politik Kapitalisme.
  • Sistem Politik Liberalisme.
  • Sistem Politik Sosialisme.
  • Sistem Politik Federalisme.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan politik

Mengacu pada pengertian politik di atas maka kita bisa mengetahui tujuan politik itu seperti apa. Secara umum tujuan politik adalah sebagai berikut.

  • Supaya kekuasaan yang ada di masyarakat dan pemerintah bisa diperoleh dan dikelola serta diterapkan sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Untuk menciptakan kekuasaan yang ada di masyarakat dan pemerintah bisa memperoleh dan mengelola serta menerapkan demokrasi secara keseluruhan (demokratis).
  • Untuk membantu penerapan dan pengelolaan kekuasaan pemerintah dan masyarakat yang mengacu pada prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan, tujuan politik di indonesia yaitu:

  • Untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia.
  • Untuk melindungi hak-hak semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali dan menjamin terlaksananya kewajiban warga negara dengan melaksanakan pemerintahan untuk mengatur keamanan.
  • Untuk menjaga keamanan dan perdamaian negara, serta kehidupan sosial secara berimbang, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.
  • Untuk memastikan dapat terlaksananya sistem pendidikan untuk kemajuan bangsa dan negara.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Konsep Politik

Konsep politik adalah konsep dalam politik yang dapat diuraikan menjadi beberapa bagian diantarnya yaitu negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijaksanaan umum dan alokasi (pembagian).

Konsep politik yang paling umum yaitu negara, di mana segala bentuk politik itu berpusat pada pemerintahan atau negara. Fokus utama politik yaitu sistem ketatanegaraan beserta lembaga-lembaga negara.

Konsep politik kekuasaan yaitu membahas tentang ruang lingkup politik yang luas dan dinamis tetapi tetap menyangkut kondisi sosial masyarakat. Dalam suatu negara, kekuasaan politik dipengaruhi oleh sosiologi dari ruang lingkupnya yaitu masyarakat.

Konsep pengambilan keputusan itu berkaitan dengan segala cara pengambilan keputusan di dunia politik yang diambil secara kolektif yang ditujukan kepada seluruh masyarakat. Proses dalam pembuatan kebijakan yang diterapkan untuk masyarkat semuanya melalui proses pengambilan keputusan.

Konsep kebijakan umum yaitu dipakai dalam pengambilan keputusan dalam dunia politik dalam upaya untuk menentukan tujuan dan menerapkan cara agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Dalam politik, kebijakan umum hanya dimiliki oleh orang yang mempunyai kekuasaan untuk melaksanakannya, misalnya kepala negara dan ketua partai politik.

Alokasi dalam politik mempunyai arti pembagian dari nilai-nilai sosiologi. Dalam hal ini, pembagian ditujukan untuk masyarakat yang diupayakan bisa merata sesuai dengan keadaan masyarakat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perilaku Politik

Perilaku politik adalah perilaku individu maupun kelompok dalam memenuhi hak serta kewajibannya sebagai seorang politik. Adapun contoh perilaku politik dalam lingkungan masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ikut berpartisipasi dalam pesta politik.
  • Ikut serta dalam memilih atau menentukan pemimpin/ wakil rakyat.
  • Mengikuti atau menjalankan hak untuk memilih dan mengikuti suatu parpol, ormas maupun organisasi lainnya.
  • Menjalankan haknya untuk ikut memilih pemimpin politik.
  • Mengemukakan kritikan maupun menurunkan para pelaku politik.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan tentang pengertian politik dan sistem Politik beserta dengan tujuan, konsep & perilaku politik. Semoga apa yang telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian in dapat bermanfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar