--> Skip to main content
Menu

Pengertian Pra Kerja dan Pengertian Kartu Pra Kerja

Pengertian pra kerja dan pengertian kartu pra kerja - Saat ini sedang ramai diperbincangkan tentang kartu pra kerja yang diluncurkan oleh pemerintah. Nah apa itu kartu pra kerja? Apa saja manfaat kartu prakerja dan bagaimana syarat untuk mendaftar kartu pra kerja? Semua itu akan kami bahas di sini. Namun sebelum membahas tentang kartu perkerja kamu juga harus tahu tentang apa itu pra kerja? Nah bagi kamu yang belum tahu degnan definisi pra kerja kamu bisa menyimak pembahasan tentang pengertian pra kerja di sini. Oke langsung saja silahkan simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Pra Kerja dan Pengertian Kartu Pra Kerja

Pengertian Pra Kerja

Definisi pra kerja adalah sebelum kerja. Jadi pengertian pra kerja adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut seseorang yang sama sekali tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari 2 hari selama seminggu, maupun orang yang ingin berusaha untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang pekerja. Selain itu pra kerja juga dapat disebut sebagai pengangguaran (tunakarya).

Dalam kelompok tenaga kerja tertentu, seorang pra kerja termasuk dalam kelompok angkatan kerja. Seorang pra kerja belum memperoleh pekerjaan dapat saja dikarenakan beberapa hal. Oleh sebab itulah, pemerintah kini telah berusaha untuk mengurangi jumlah pra kerja dengan cara mengadakan pelatihan mandiri. Sebagai contohnya: pra kerja bisa mengikuti pelatihan barista, jika dirinya ingin membuka usaha kedai kopi. Pelatihan mandiri yang diselenggarakan oleh pemerintah biasanya dapat diikuti oleh pra kerja dengan menggunakan bantuan kartu pra kerja. Nah seperti apa sih kartu pra kerja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Kartu Pra Kerja

Pengertian kartu pra kerja adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah yang digalangkan dalam rangka program pelatihan serta pembinaan bagi warga negara Indonesia yang belum mempunyai keterampilan. Dapat dikatakan bahwa kartu pra kerja ialah kartu yang diterbitkan pemerintah sebagai program bantuan berupa biaya untuk mengembangkan kompetensi pra kerja yang meliputi para pencari kerja, pekerja yang kena PHK, dan yang membutuhkan peningkatan dalam hal keterampilan.

Dalam industri 4.0, kartu pra kerja dinilai sangat efektif, sehingga melalui kartu pra kerja ini nantinya diharapkan bisa menanggulangi kemiskinan.Setiap pemohon atau pendaftar yang sudah lulus dalam seleksi dan memperoleh kartu pra kerja, masing-masing akan mendapatkan sejumlah Rp. 3.550.000. Jika dirinci bantuan insentif tersebut diantaranya meliputi:

  • Rp. 1000.000 untuk biaya pelatihan yang tidak bisa dicairkan.
  • Rp. 600.000/ bulan selama 4 bulan yang merupakan insentif pasca pelatihan.
  • Rp. 150.000 insentif survei kebekerjaan.

Dengan melalui kartu pra kerja tersebut, maka pemilik kartu pra kerja bisa mengikuti pelatihan atau kursus online untuk dapat meningkatkan kemampuan atau kompetensi kerja.

Baca juga: EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

Manfaat Kartu Pra Kerja

Ada beberapa manfaat dan kegunaan dari kartu pra kerja. Berikut ini adalah penjelasan tentang manfaat kartu pra kerja diantaranya yaitu:

  • Untuk membantu meringankan biaya pelatihan yang biasanya ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Untuk mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan.
  • Sebagai komplemen dari pendidikan formal.
  • Untuk mendorong keberkerjaan seseorang melalui pengurangan mismatch.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Adapun syarat dan ketentuan mendaftar kartu pra kerja diantaranya sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Sudah berusia dia atas 18 tahun.
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah.
  • Untuk informasi tentang syarat dan ketentuan secara lengkap dapat dilihat di: https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan.

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian pra kerja dan pengertian kartu pra kerja. Mudah-mudahan apa yang telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas bisa bermanfaat.

Baca juga artikel tentang: Pengertian Perencanaan Karir